Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Mojokerto

Selasa, 14 November 2017 - 12:40 WIB

Dewan Tegaskan Pasar Benpas Segera Dibangun , Sudah di Siapkan Dana 500 juta.

Ft.kondisi pasar benpas saat ini

Sekilasmojokerto.com- DPRD Kota Mojokerto berharap Pemkot Mojokerto segera merelokasi ratusan kios pedagang Pasar Benteng Pancasila (Benpas) yang terbakar. Meski ada penolakan dari pedagang. Pemkot sudah menyiapkan anggaran sejumlah 500 juta untuk membuat penampungan sementara para pedagang.

“Anggaran  yang disetujui dewan Rp 500 juta. Itu dipecah tiga, untuk pengurukan lahan, pemasangan paving dan pengadaan tenda bagi pedagang,” ungkap sekretaris Komisi II DPRD Kota Mojokerto Dwi Edwin Indra Praja kepada wartawan selasa ( 14/11).

Relokasi sementara ratusan kios pedagang blok alun-alun Pasar Benpas tetap dilakukan. Hanya saja, pihaknya tetap mengakomodir aspirasi para pedagang.

Edwin menambahkan,  ada dua opsi tempat relokasi sementara. Selain di Lingkungan Kedungsari, Kelurahan Kedundung, Magersari, relokasi juga bisa menempati lahan Pemkot Mojokerto di sepanjang rel KA Jalan Benteng Pancasila. Lokasi alternatif ini bakal diterima para pedagang karena letaknya tepat di seberang Pasar Benpas yang terbakar,” jelasnya.

Dengan dana Rp 500 juta, kata Edwin lahan seluas 2.500 meter persegi itu akan diuruk dan dipasang paving. Untuk tempat berjualan sementara, akan dibangun tenda sebanyak 190 unit. Setiap tenda berukuran 2,5×2,5 meter persegi.

“Memang yang terbakar kemarin 230 kios dari 248 kios di blok alun-alun. Sesuai data dari pedangan, kebutuhan 190 tenda itu untuk pedagang yang aktif berjualan,” terangnya.

Proses relokasi sendiri, lanjut Edwin saat ini  pengesahan anggaran sudah dibahas. Sebab itu pembangunan tempat relokasi sementara baru agar segera dimulai pertengahan Nopember 2017, diharapkan akhir Desember sudah rampung semua.

Selain relokasi, juga akan ada merevitalisasi Pasar Benpas yang terbakar. Pada P-APBD 2017 baru diusulkan anggaran konsultan perencanaan.  pembangunan diperkirakan akan dimulai tahun 2018. Jika revitaliasi selesai, maka para pedagang akan dikembalikan ke Pasar Benpas.

“Revitalisasi konsepnya masih digodok di Dewan rencananya akan dibangun dua lantai. Lantai bawah untuk parkir, lantai atas untuk berjualan. Karena kalau akhir pekan, parkir meluber ke jalan,” tandasnya. (Wo)

Share :

Baca Juga

Mojokerto

GJP Mojokerto- Surabaya Penuh Semangat Perjuangan.

Mojokerto

Terpantau CCTV, Dua Jambret Asal Pasuruan Di Ringkus Polres Mojokerto

Mojokerto

Kelurahan Wates Raih Penghargaan Desa Pangan Aman 2018

Mojokerto

Rapat Kordinasi Antar Umat Beragama di Gelar Bersama Wabup

Mojokerto

Dandim 0815 Bersama Forkopimda Hadiri Kirab Agung Bumi Nuswantara 201

Mojokerto

Polresta Mojokerto Berhasil Tekan Kasus Penyalah Gunaan Narkoba Sepanjang Tahun 2022

Mojokerto

Koramil 0815/10 Bangsal Bersama Warga Karya Bakti Pengecoran Musholla

Mojokerto

Dana Hibah Untuk Pilkada 2024, Pemkab Mojokerto Serahkan Dana 82 M Untuk KPU dan Bawaslu