Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Olahraga

Rabu, 10 Januari 2018 - 05:36 WIB

FJL Jabar Mulai Diputar Di Purwakarta, UPAYA KERUCUTKAN BIBIT PESEPAKBOLA JUNIOR

                                      Enwa( kanan)
                Dedi Mulyadi dan Dedy Mizwar(kiri)

Reporter: Ali M.
Editor: Siswahyu

SURABAYA (Sekilasmedia.Com) Setelah ‘konflik’ yang berkepanjangan antara pemerintah pusat Kemenpora dengan PSSI pusat, lantas sejak sekitar satu tahun lalu, PSSI terbentuk kepengurusan secara defenitif, dunia sepakbola Indonesia termasuk sepakbola junior anak-anak mulai bergerak meskipun belum bisa secepat kilat diantaranya karena minimnya dukungan sponsor.

*BERMUNCUL FORUM PERLU KOORDINASI*
Tidak hanya PSSI. Forum atau asosiasi sekolah sepakbola pun bermunculan meskipun belum berkiprah secara cepat dan terkoordinasi. Namun hal itu perlu dipersepsi secara positif untuk kepentingan bersama bangsa dan negara.

Hal tersebut diungkapkan R.Tri  Harsono pemerhati sepakbola dalam diskusi terbatas Pentingnya Sepakbola Anak U-15 Dan U-17 Transisi Menuju Pro yang diadakan di Surabaya.

*U-13, U-15, U-17, U-19 MINIM PERHATIAN*
“Banyak SSB ataupun forum SSB yang mulai bergairah. Memang kebanyakan masih terjun dalam pembinaan sepakbola Usia-13 ke bawah, sehingga ana-anak yang U-13 ke atas termasuk U-15, U-17 bahkan U-19 masih minim pihak yang memperhatikan.

Untuk itu R.Tri Harsono mengapresiasi ketika kompetisi/turnamen U-15 dan U-17 mulai bermunculan tahun kemarin termasuk Piala Suratin.

*FOSSBOL JUNIOR LEAGUE*
“Bahkan ada kompetisi atau turnamen yang lahir di Purwakarta untuk U-15 dan U-17 oleh FOSSBOL atau Forum Sepakbola Indonesia, bertajuk Fossbol Junior League (FJL, red.) yang diantara motornya adalah Enwa,” ungkap R.Tri Harsono

Menurutnya, geliat sepakbola anak di Purwakarta juga tidak lepas dari peran Habib Alwi, diperkuat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang kebetulan Ketum Golkar dan Cawagub Jabar.

*PERLU KADA SEPERTI DEDI MULYADI*
“Perlu Kada (Kepala Daerah, red.) yang peduli sepakbola junior anak-anak seperti Dedi Mulyadi. Juga perlu kepedulian sponsor maupun BUMN dan BUMD,” kata R.Tri Harsono.

R.Tri Harsono juga menyebut, ke depan Dedi Mulyadi sedang menyiapkan klub tersendiri entah Liga 1 atau Liga 2 untuk menampung anak-anak yang beranjak dewasa. Kepedulian yang luar biasa. Banyak daerah lain yang bisa jika niat.

*PESERTA FJL JAWA BARAT*
Sekadar catatan, diantara peserta terdapat beberapa nama SSB,/Akademi. Dari Purwakarta ada Diklat Nursyabab dan Bora FC.

Dari Bandung ada Persib Academy, SSB Angkasa, BAFC, Football Plus, Bintang Primavera, Goal Aksis. Dari Cirebon ada Lemah Tamba FC, Garuda. Dari Tasikmalaya ada Tasik Raya. Dari Kuningan ada Bintang Amatir. Juga ada Bi-Zone FC.

*JELANG KONGRES PSSI*
Jelang kongres PSSI tanggal 13 Januari, R.Tri Harsono menekankan agar ada langkah yang lebih cepat lagi dari PSSI untuk memperhatikan pesepakbola U-13, U-15, U-17, U-19. Juga sponsor untuk  anak-anak itu. Karena jika tidak maka hanya orang tua kaya yang bisa membeayai anaknya. Sedangkan yang kurang punya dana, akan terlibas meskipun mumpuni misalnya.

“PSSI perlu menstimulasi sponsor. Apalagi tidak mudah cari sponsor untuk klub pesepakbola junior anak-anak,” tandas R.Tri Harsono. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926

Share :

Baca Juga

Olahraga

Polres Lumajang Amankan Sepak Bola Liga 2 Tahun 2018

Olahraga

Tim Sambo Palembang Raih 4 Emas-2 Perunggu

Olahraga

Piala Danone Gratis Mulai Digulirkan, YANG PERNAH PENCURIAN UMUR APAKAH DIPUTIHKAN?

Olahraga

Gala Siswa Mendikbud-KONI-PSSI Di Kota Mojokerto Dimulai, TIM FAVORIT SMPN 2 UNGGUL 10 – 0 ATAS SMPN 5

Olahraga

Tahan Imbang Perspa, Persemag Pastikan Lolos Babak ke 32 Besar

Olahraga

Piala Suratin U-15 Surabaya Dominasi Bhayangkara FC Binaan AKBP Harviadhi Serta Pusura-Maesa-Garuda Putih, SALEH HANIFAH: BABAK 8 BESAR MENUNGGU 4 GAME LAIN

Olahraga

La Nyalla-Ratu Tisha-Eric Tohir-Iwan Bule-Akmal-Sarman-Susi-Iwan Arema Diantara Sorot Publik Jadi Pengganti Edy Rahmayadi Ketum PSSI

Olahraga

Care, PSSI Kota Mojokerto Salutkan Bantuan Dana Pembinaan Untuk SSB / Klub Anggota