Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Sabtu, 20 Januari 2018 - 00:35 WIB

BUPATI MELANTIK POKJA WAJAH SIDOARJO DAN PENANDATANGANAN BERSAMA ANTI KORUPSI


Sidoarjo ( sekilasmedia.com )
Hari ini jum’at 19/1/2018 Kelompok kerja  wartawan jaringan hukum. Wajah Sidoarjo menggelar seminar antikorupsi di Convention Hall Sun Hotel.

Hadir dalam seminar ini , Bupati Sidoarjo H. Saiful llah, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Adies Kadir anggota Komisi lll DPR RI, praktisi hukum Ahmad Riyadh UB.
Dan hadir juga jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo, para kades, kepala sekolah dan Ketua OSIS di Sidoarjo dan tamu lainnya.
Seminar ini Dengan tema ( Membangun Generasi Antikorupsi dan Mengenallnnya sejak Dini )

Dalam sambutanya Anggota Komisi III DPR-RI Adies Kadir  . Mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk membudayakan antikorupsi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Di Karenakan dalam perkembangan saat ini, korupsi tidak hanya sebagai pelaku yang mengambil uang negara saja, tetapi juga orang yang ada di sekitarnya  turut serta, melakukan dan juga menyuruh korupsi,” bilangnya

Masih kata Andies Kadir. dalam kasus korupsi ada orang yang menghalang-halangi penyidikan bisa di anggap menjadi salah satu kegiatan korupsi juga. Hal Ini yang sering terjadi dalam pemyidikan tindakan pidana kasus korupsi oleh KPK sehingga KPK  mendatangkan alat yang cukup canggih dari luar negeri.
Dengan alat ini bisa memudakan peyelidikan dan bisa juga di jadikan alat TO (Target Operasi) para pelaku korupsi sehingga tidak bisa berkutik lagi, karena percakapan sejauh 10 kilometer pun bisa diketahuinya, jadi pelaku tidak bisa mengelak lagi,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menandaskan, kegiatan seperi ini perlu dilaksanakan supaya masyarakat menjadi paham akan korupsi itu sendiri.

Bupati sidoarjo sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena selain diikuti oleh masyarakat juga diikuti oleh pemangku kepentingan yang ada di Sidoarjo. Seperti dari tingkat kepala desa, camat, kepala dinas, sampai dengan forum komunikasi pimpinan daerah yang ada di Kabupaten Sidoarjo, dengan adanya penambahan pengetahuan tentang administrasi hukum, maka kelalaian yang ditimbulkan bisa segera dihindari dan pelayanan terhadap masyarakat bisa meningkat. “Kondisi ini akan menjadi momentum untuk menjadikan tata kelola yang baik supaya Sidoarjo menjadi wilayah yang bebas korupsi,” jelasnya. Bupati.

Sedangkan Kajari Sidoarjo Budi Handaka mengatakan, korupsi itu tak ayalnya setan, yang bisa berwujud manusia. Gaya manusia yang glamour juga bisa menyebabkan orang cenderung untuk melakukan korupsi. Termasuk juga untuk para istri pemangku jabatan, harus bisa dikontrol dan tidak menuruti kemauan yang besar yang bisa menyeret ke arah melakukan korupsi.

Hal yang Terpenting yaitu rasa iman kepada sang pencipta harus selalu tertanam dalam diri kita sendiri  Sehingga setan untuk tidak melakukan atau mengajak kepada kita melakukan tindak pidana korupsi. Jauhi perilaku yang muncul dari ajakan setan,” imbuh Budi Handaka.

Di kesempatan yang sama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, dalam melakukan pelayanan, pihaknya menerapkan pre-emtif dan preventif. Pre-emtif yakni upaya-upaya awal yang dilakukan untuk mencegah terjadinya segala tindak pidana.

Sedangkan Usaha-usaha yang dilakukan dalam penanggulan kejahatan secara pre-emtif menanamkan nilai-nilai atau norma-norma yang baik sehingga norma-norma tersebut terinternalisai dalam diri seseorang.

“Meskipun ada kesempatan untuk melakukan pelanggaran atau kejahatan tapi tidak ada niatnya untuk melakukan hal tersebut maka tidak akan terjadi kejahatan,” jelasnya.( yunas/sud )

Share :

Baca Juga

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Malang

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Sidoarjo

Pariwara

Ifta Hidayati Tinjau langsung Tahapan Pilkades Serentak 2022 di Wilayah Kedamean

Pariwara

DPRD Kota Mojokerto Membahas Soal Limbah.

Pariwara

Wabup Gresik Narsum PUG di Talkshownya Srikandi BUMN Jatim

Pariwara

Literasi Digital Kota Batu

Pariwara

PDAM Sidoarjo Kerjasama Dengan Korsel Tingkatkan Kualitas Air Pakai Teknologi DOF

Pariwara

Kepala Desa Padas Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Ngawi Ke 664