Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:21 WIB

Mas’ud Yunus Harap KDK Dapat Membangun Karakter Bangsa

Mojokerto(Sekilasmedia.com)-Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus Kamis (22/2) me-launching Program Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) jenjang SMP. Bertempat di Aula SMPN 3 Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan Novi Rahardjo, Dewan Pendidikan Kota, Pimpinan Kantor Kemenag dan Kepala SMPN 3 Evi Poespito Hany.

Sebelumnya, KDK hanya diterapkan pada jenjang sekolah dasar (SD) di semua agama. Namun karena pentingnya pendidikan moral, Mas’ud Yunus mulai tahun 2018 ini menerapkan program KDK hingga jenjang SMP.

Wali Kota menjadikan KDK sebagai kebijakan Pemerintah Kota Mojokerto tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi muda dalam mengarungi kehidupan di masa yang akan datang. Pasalnya, kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi menjadi sumber yang tidak terbendung.

Dihadapan ratusan guru agama SMP, guru TPQ dan tokoh agama se-Kota Mojokerto Wali Kota menuturkan bahwa pendidikan karakter sangat diperlukan dalam era milenial ini. “Pendidikan karakter harus dibarengi dengan pendidikan agama. Hakikatnya KDK itu untuk menambah jam pelajaran agama. Karena tidak dapat masuk kurikulum maka kita kolaborasikan dengan program KDK,” tuturnya.

Wali Kota berharap dengan adanya KDK tingkat SMP ini anak-anak nantinya menjadi generasi yang saleh ritual dan saleh sosial. Saleh ritual diukur melalui keaktifan dalam melaksanakan ibadah ritual. Saleh sosialnya artinya meningkatnya kepedulian anak-anak terhadap masalah sosial.

“Karena itu KDK ini banyak yang bersifat aplikatif. Jadi menyangkut masalah tingkah laku, berilmu amaliah dan beramal ilmiah. Bagaimana anak-anak bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh sekaligus dalam hal sikap perilakunya didasari dengan ilmu yang mereka miliki,” jelasnya. Sinergitas antara ilmu dan amal, diharap dapat membangun karakter bangsa. (wo)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Keluarga Besar Pemerintah Desa KeboGuyang, Jabon, Sidoarjo Mengucapkan Selamat HUT RI ke

Pariwara

RAPAT KOORDINASI, RENCANA PEMBONGKARAN PKL PUJASERA LAWANG MENGALAMI KEMUNDURAN

Pariwara

Teken Mou dengan Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, UIN Alauddin Makassar Ingin Kembangkan Ilmu Falak

Pariwara

IDR Bersama MAKI Datangi Kejari Gresik Laporkan Pengaduan Terkait Dugaan Korupsi 25 M Di Perumda Giri Tirta

Pariwara

Pengerjaan HIPPA Balongdowo Penuhi Standarisasi BBWS

Pariwara

7 Jam Tangan Untuk Pria Dari Merek Fossil Dengan Produk Terpopuler

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Banyuwangi

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Ngawi