Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 8 Maret 2018 - 06:36 WIB

Tingkatkan Kualitas Prajurit, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Binsiap Apkowil & Puanter

MOJOKERTO.(Sekilasmedia. Com) – Dalam rangka meningkatkan kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0815/Mojokerto Rem 082/CPYJ melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan I TA. 2018, di Ruang Pertemuan Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto,Rabu (07/03/2018), dibuka Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H.

Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia.  Untuk itu diperlukan upaya Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun anggaran, demikian disampaikan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H., saat membuka acara.

Pemahaman dan penguasaan lima kemampuan teritorial sangat diperlukan oleh para Babinsa dan mampu menerapkannya dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah, tegas Dandim.

Babinsa harus dikenal masyarakat dan berintegrasi dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan. Babinsa harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, dan bersinergi dengan tiga pilar desa yakni Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran atau peran negara, tandas Dandim.

Di akhir arahannya, Dandim, mengajak untuk senantiasa bersyukur atas semua nikmat yang diterima, untuk itu berbuatlah yang terbaik, tulus dan ikhlas untuk masyarakat.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai Rabu (07/03) hingga Kamis (08/03), para Babinsa menerima pembekalan materi, diantaranya Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter selaku materi wajib, dan materi tambahan, antara lain Pola sikap dan perilaku masyarakat, Adat istiadat dan budaya masyarakat, Tingkat ekonomi masyarakat, Perkembangan teknologi dan informasi, dan Kondisi alam.

Kegiatan yang diikuti para Babinsa sejumlah 88 orang tersebut, juga dihadiri Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Pasiterdim 0815 Kapten Arh Supriyono, para Danramil selaku Gumil, staf penyelenggara dan pendukung.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

RELAWAN LUMAJANG TERUS KAMPANYEKAN PEMILU 2019

Daerah

KSOP Gresik Gelar Latihan Gabungan Pengamanan Fasilitas Pelabuhan

Daerah

Candi Waji Dijadikan Sentral Do’a Dalam Kegiatan Hari Jadi Tlasih 87 yang ke 27

Daerah

Hari Ini Pendaftaran Jalur Zonasi Tingkat SMP di Kota Malang Telah Dibuka

Daerah

DPMPTSP Sidoarjo Catat Investasi Semester I Sebesar Rp 5,6 Triliun 

Daerah

Progres Flyover Aloha Capai 86 Persen, Nataru Siap Uji Coba Sidoarjo Sekilasmedia.com Balok girder yang digunakan untuk Flyover Aloha, Sidoarjo, Jawa Timur sudah selesai terpasang seluruhnya sehingga bisa dilakukan uji coba pada pelaksanaan Natal dan Tahun baru 2024 Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat dikonfirmasi pada Sabtu (11/11/2023) mengatakan saat ini pemasangan balok girder yang menjadi unsur utama pembangunan jembatan sudah selesai dilakukan. Rencananya akan dilakukan uji coba pada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2024. Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor tersebut mengatakan, saat ini progres pembangunan jembatan yang dilakukan adalah pemasangan beton cor sisi sebelah utara. “Dengan demikian, tahapan utama sudah selesai dilakukan,” ujarnya. Secara umum, lanjut dia, progres pembangunan sudah mencapai 86 persen, atau mengalami surplus pengerjaan sebesar 5,2 persen dari rencana awal sebesar 80,7 persen. “Kalau melihat progres pembangunan seperti ini, kami optimistis bisa selesai sebelum waktu kontrak yang diberikan,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Dwi Eko Saptono mengatakan, uji coba flyover pada Natal dan Tahun Baru 2024 nanti, akan menjadi langkah penting dalam memastikan keamanan dan kinerja flyover sebelum dibuka untuk penggunaan umum. “Kami berharap dengan uji coba ini, kami dapat mengidentifikasi dan mengatasi setiap potensi masalah yang mungkin muncul, sehingga proyek ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat setempat,” pungkasnya. (sud)

Daerah

Launching Ponpes Tangguh, Bupati Blitar Serahkan Bantuan Sembako dan APD Kepada Santri
Program E-Voting Jadi Teknis Pilkades Warga Magetan

Daerah

Program E-Voting Jadi Teknis Pilkades Warga Magetan