Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Mojokerto

Jumat, 9 Maret 2018 - 05:34 WIB

Babinsa Brayu Blandong Dampingi Gapoktan Tani Bahagia Terima Kartu Tani

MOJOKERTO (Sekilasmedia. Com) .     Bintara Pembina Desa atau yang lebih di kenal dengan sebutan Babinsa kembali melakukan pendampingan pembagian Kartu Tani BNI untuk kesekian kalinya.  Pembagian kartu tani kali ini bertempat di Balai Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, yang diberikan kepada Gapoktan Tani Bahagia, Kamis (08/03/2018).

Babinsa Brayublandong Koramil 0815/08 Dawarblandong Serda Supri bersama Koordinator PPL Kecamatan Dawarblandong Nuryanto, SP., Kepala Desa Brayublandong, Supardi S.Pd, Petugas BNI Kanca Mojokerto, Rifky, dan Ketua Gapoktan Tani Bahagia, Yadi beserta anggota Poktan yang secara keseluruhan berjumlah 170 orang, nampak hadir pada kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.30 waktu setempat.

Rifky, Petugas dari BNI menjelaskan, kartu tani merupakan progam pemerintah kerja sama dengan Bank BNI. Kartu tani yang berbentuk ATM ini isinya bukan uang tapi berupa kuota pupuk dari pemerintah yang didapatkan para petani.  Tidak itu saja, kartu tani ini juga dapat digunakan untuk sejumlah transaksi perbankan.

Batas maksimal luas lahan tiap KK atau KTP seluas 2 hektar dan kartu tani ini berlaku sejak 1 Januari 2018, namun tidak semua kios pupuk siap maka proses pengambilan pupuk  menunggu informasi lebih lanjut. Untuk sementara, di wilayah Desa Brayublandong  pengambilan pupuk dapat dilakukan di kios pertanian “Mutiara Tani”milik Sudiyo di Dusun Brayukulon, tuturnya.

Kades Brayublandong, Supardi, S.Pd, mengucapkan syukur alhamdulillah dengan terbitkartu tani sudah terbit dan bisa digunakan, walaupun hanya sepertiga dari jumlah yang diajukan Gapoktan, untuk anggota Poktan yang belum menerima, agar bersabar menunggu proses cetak di BNI”. Kartu Tani ini dibuat untuk mengambil Pupuk bersubsidi, untuk jumlahnya disesuaikan dengan kuota yang tersedia pada kartu tani yang sudah diaktifkan, tegas Kades.

Sementara Koordinator PPL Kecamatan Dawarblandong, Nuryanto, SP., menjelaskan, Gapoktan Tani Bahagia sudah mengajukan kartu tani sejumlah 700 kartu, namun yang sudah terbit dan diterimakan sebanyak 286 kartu. Untuk sisanya sebanyak 414 kartu akan didistribusikan menyusul, setelah proses cetak di BNI tuntas, ucap Nuryanto, SP yang didampingi Ketua Gapoktan, Yadi.

Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Khoiri saat dikonfirmasi melalui telepon menyampaikan pendistribusian kartu tani merupakan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani.  Semoga dengan terbitnya kartu tani ini  akan memotivasi para petani dalam mengelola lahan pertanian guna meningkatkan produktifitasnya sehingga mampu mewujudkan swasembada pangan di wilayah, ucapnya.(dim/wo)

Share :

Baca Juga

Mojokerto

Sejumlah 190 Anggota Polisi dilatih menjadi Penembak Jitu.

Mojokerto

Gagal Bujuk Pemilik Lahan, Kades Sayangkan Penutupan Ranu Manduro

Mojokerto

Bupati Ikfina Pantau Vaksinasi Ponpes Amanatul Ummah dan PT. Betts Indonesia

Mojokerto

PAC PPP se Kabupaten Mojokerto Tolak Surat Keputusan DPP PPP

Mojokerto

Kunjungan Bupati Jember, Ning Ita Terbuka untuk Kerjasama Antar Daerah

Mojokerto

Pengadilan Negeri Mojokerto Mengikuti Jejak Polres Mojokerto Dalam Membangun ZI/WBK

Mojokerto

Wali Kota Menjadi Inspektur Upacara di Hari Santri 2017.

Mojokerto

Pemkab Boyong Prestasi , Malam Penganugerahan Indonesia Attractiveness Award 2017