Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Jumat, 9 Maret 2018 - 10:06 WIB

Jelang Panen Padi, Babinsa Bersama PPL Mojoanyar Lakukan Pengubinan Di Lahan Poktan Mardi Tani

Mojokerto.-(Sekilasmedia.Com) Pengubinan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperkirakan jumlah produksi padi pada suatu hamparan lahan yang dihitung dalam satuan hektar.  Pengubinan ini biasa dilakukan pada tanaman padi dan jagung.  Tanaman padi atau jagung yang telah dilakukan pengubinan akan diketahui jumlah produksinya untuk setiap satuan hamparan lahan (ha).

Seperti halnya, yang dilakukan Poktan Mardi Tani, Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, yang melakukan pengubinan di lahan sawah milik Yadi seluas 0,3 hektar yang ditanami padi Varietas Inpari 33. 

Pengubinan di lahan Poktan Mardi Tani, dilakukan  bersama Babinsa Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto, Serda Sumiran, Kopka Raino dan Koptu Winardi serta PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, Shinta Nirmalasari, S.Pt,  Agus Setijo R, SP dan Sodi, SP, Jum’at (09/03/2018)

Pada pengubinan di lahan milik Yadi yang ditanami padi dengan sistem tanam Jarwo Super didapat, luas ubinan 3 m x 4 m, jumlah bulir 90, 133, 138, jumlah rumpun 288, jumlah anakan 13, 18, 21, berat ubinan 9,65 Kg dan panjang malai 27, 24, 29. “Dengan demikian dapat diperkirakan hasil panen dalam satu hektar diperkirakan menembus 8,042 ton”, terang PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, Shinta Nirmalasari, S.Pt.

Secara terpisah, Danpos Ramil Mojoanyar, Letda Inf Akhmad Rifa’i, mengungkapkan, hasil pengubinan di lahan padi dengan sistem tanam Jarwo Super lebih unggul dan diperkirakan tembus 8,042 ton. Teknik penanaman padi ini dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman, terangnya.

Danpos juga menghimbau para petani untuk tidak sungkan-sungkan berkonsultasi kepada PPL sehingga terjalin kerja sama yang baik, demikian pula bila ada kendala atau hambatan dalam bidang pertanian, segera dikonsultasikan sehingga dengan segera dapat dicarikan solusi untuk mengatasinya.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Samsat Kraksaan Tingkatkan Pelayan pada wajib pajak

Daerah

Dinkop Usaha Mikro dan Disperindag Sidoarjo Siap Canangkan Zona Integritas WBK/WBBM

Daerah

Kapolres Mojokerto Duduk Bareng Mitra Kamtibmas Dalam Giat Jum’at Curhat

Daerah

Siap Berikan Informasi Yang Obyektif, Perhutani Mojokerto Jalin Sinergi Dengan Wartawan

Daerah

Walikota Probolinggo Habib Hadi Ajak Pelaku UMKM Melek Risiko Kesehatan Pada Produk Olahan Makanan

Daerah

Antisipasi Kekurangan Stok, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Sidak Gudang Bulog

Daerah

LKPJ Bupati Lamongan, DPRD Berikakan Arahan

Daerah

Pantau Empat Toko, Ketersediaan Migor di Kota Mojokerto Lancar