Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Mojokerto

Senin, 12 Maret 2018 - 02:43 WIB

Koramil 0815/12 Ngoro Bersama BPP Lakukan Gerakan Pengendalian Hama Wereng Batang Coklat

MOJOKERTO.(Sekilasmedia. Com)    Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas padi, diantaranya cara pengolahan lahan, sistem tanam, sistem pengairan, perawatan, pemupukan dan pengendalian hama.

Untuk mencapai hasil yang maksimal tersebut, salah satunya melalui pengendalian hama dan penyakit.  Seperti yang dilakukan Koramil 0815/12 bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Ngoro, yang melakukan gerakan pengendalian hama wereng batang coklat (WBC).

Kegiatan ini dilakukan melalui penyemprotan massal dengan menggunakan Pestisida “E-To” sebanyak 12 liter dan sejumlah handsprayer.  Di lahan seluas 20 hektar, yang dikelola Poktan Polaman, Dusun Polaman, Desa Purwojati,  Kecamatan Ngoro,  Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, 
Minggu (11/03/2018).

Kelompok Tani Polaman terlihat sangat antusias melakukan kegiatan ini. Tak ketinggalan pula Koordinator BPP Kecamatan Ngoro,  Pa’i Haryanto, SP, Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Munadi, SP,  Anggota Koramil 12,  PPL dan Babinsa Purwojati Sertu Abdul Manan selaku pendamping Upsus Ketahanan Pangan, turun langsung dalam penyemprotan massal di lahan seluas 20 hektar.

Usai kegiatan, Koordinator PPL Kecamatan Ngoro,  Pa’i Haryanto, SP mengungkapkan, pestisida “e-to” sebanyak 12 Liter yang digunakan untuk penyemprotan massal ini,  merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Progam TA. 2018.

Diharapkan dengan penyemprotan massal ini, dapat membasmi hama wereng batang coklat (WBC) pada tanaman padi khususnya di Dusun Polaman Desa Purwojati, sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan hasil produksi tanaman padi, ungkapnya.

Dalam kesempatan berbeda, Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin, mengungkapkan, guna mendukung gerakan pengendalian  wereng batang coklat (Gerdal WBC), pihaknya menurunkan tujuh anggotanya dalam kegiatan penyemprotan massal tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan untuk peningkatan produktifitas hasil panen dan pencapaian swasembada pangan di wilayah’, pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 50 orang, antara lain Danramil 0815/12 Ngoro diwakili Bati Wanwil Serka Suratin, Ketua Poktan Polaman Dusun Polaman Desa Purwojati, Suyun Sunarso beserta anggota Pok Tani Polaman.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Mojokerto

Baznas Kota Padang Studi Banding Manajemen Baznas Kota Mojokerto

Mojokerto

Kelurahan Trenggilis Dicanangkan Sebagai Kampung KB Kota Mojokerto.

Mojokerto

200 Pedagang Pasar Legi Mojosari Terima Vaksinasi Covid-19

Mojokerto

Cegah Bertambahnya Korban DBD, Bhabinkamtibmas Desa Lakardowo Lakukan Fogging

Mojokerto

Bersama PPL Babinsa Randugenengan Koramil Dlanggu Dampingi Poktan Pengubinan Padi

Daerah

Bupati Ikhfina Buka Kemah Santri ELKISI 2023,Harap Dapat Tingkatkan Life Skill Para Santri

Mojokerto

Aksi Sigap Personel Polsek Prajuritkulon Polresta Mojokerto Dorong Mobil Mogok Pemudik

Mojokerto

Pagelaran Pentas Seni dan Budaya Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-72 Tahun 2017