Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 16 Maret 2018 - 12:19 WIB

Kasdim 0815 Pemateri Sosialisasi Kegiatan Pemantauan Orang Asing Di Kota Mojokerto

MOJOKERTO (Sekilasmedia. Com) Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos hadir sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pemantauan Orang Asing di Kota Mojokerto.   Kegiatan ini berlangsung di Gedung PKK Kota Mojokerto Jalan Hayam Wuruk Nomor 50 Kota Mojokerto, Kamis (15/03/2018).

Pada acara “Sosialisasi Kegiatan Pemantauan Orang Asing dan NGO” dihadiri sekitar 100 orang peserta terdiri dari para Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se-Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto, Anang Fahruroji, S.Sos. M.Si, saat membuka acara diantaranya menyampaikan, dilaksanakannya sosialisasi kegiatan pemantauan orang asing sebagai upaya untuk menunjang terpeliharanya stabilitas dan kepentingan nasional.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat lebih mengefektifkan upaya deteksi dan antisipasi secara dini serta mengoptimalkan daya guna dan hasil guna dalam penanganan permasalahan atau kemungkinan terjadinya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang asing atau orang tidak dikenal di wilayah Kota Mojokerto, tegasnya.

Sementara, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nurykain, S.Sos, dalam materinya bertajuk “Potensi Ancaman Dalam Negeri dan Upaya Mengatasi”, diantaranya menyampaikan tentang membangun pelaksanaan koordinasi yang efisien atas pemantauan kegiatan orang asing, Non Government Organization (NGO) dan lembaga asing di daerah.

Dijelaskan pula oleh Kasdim tentang pengawasan terhadap orang asing di Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 11 tentang Keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2011.

Yang patut menjadi atensi bersama antara lain, peredaran Narkoba dan kegiatan terorisme serta potensi ancaman lainnya yang dilancarkan melalui proxy war yang memanfatkan keberadaan orang asing di wilayah Indonesia, tandasnya. 

Kasdim juga berharap dengan disosialisasikannya kegiatan ini oleh Bakesbangpol Kota Mojokerto, yang menghadirkan instansi terkait, merupakan langkah deteksi dini dan antisipasi atas segala kemungkinan yang terjadi, seperti pelanggaran hukum, tindakan spionase, jaringan terorisme, sindikat Narkoba dan sejumlah kejahatan internasional lainnya yang dilakukan asing di daerah.

Selain Kasdim 0815, pemateri lain yang dihadirkan antara lain, Kasi Penindakan Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, Dodik Supriyadi, Kasi Pidum Kejari Kota Mojokerto, Triyono Yulianto, SH., Kasat Intelkam Polres Mojokerto Kota AKP Setyo Agus, SH. 

Tampak hadir pula Kabid Hanbang dan Wasnas Bakesbangpol Kota Mojokerto Drs. Moch. Andy Subono, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta undangan.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

DLH – Papesa serukan Pekan Tanpa Kantong Plastik

Daerah

Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Daerah

Hari Anti Korupsi, LIRA Probolinggo Kirim Karangan Bungan ke KPK

Daerah

Kapolres Gresik Ucapkan  Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Radar Gresik

Daerah

Upaya Penegakan Disiplin Prokes, Sejumlah 92 Pelanggar Terciduk Ops Yustisi Polres Kota Mojokerto

Daerah

Polresta Sidoarjo Siap Siaga Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Daerah

Satgas Pangan Polda Jatim Mendukung Pemprov Jatim dalam Penanganan PMK pada Hewan Ternak

Daerah

Pasar Modern Benpas Siap Beroperasi, Eks PKL Alun-alun Segera Direlokasi