Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Mojokerto

Jumat, 23 Maret 2018 - 09:54 WIB

Pos Ramil Mojoanyar Bersama PPL & Poktan Lakukan Pengubinan

MOJOKERTO.(Sekilasmedia. Com)    Pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan para Babinsa Jajaran Koramil 0815/ Mojokerto masih terus berlangsung.  Ketahanan pangan sangat berkaitan erat dengan ketersediaan pangan yang dapat dicapai melalui proses produksi, distribusi, barter dan lain-lain.  Salah satu proses produksi pangan diantaranya pemanenan yang harus dikawal demi tercapainya stok pangan guna memenuhi kebutuhan pangan di suatu wilayah.

Dalam upaya membantu, mendukung dan mensukseskan ketahanan pangan tersebut, Pos Koramil Mojoanyar Kodim 0815/Mojokerto, melalui Babinsa bersinergi dengan PPL melakukan pendampingan pengubinan padi di areal sawah milik Askan, Poktan Tani Mardi, Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar,  Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (22/03/2018).

Pengubinan di lahan seluas 0,12 ha atau 1.200 m2  yang ditanami padi varietas Inpari 31 tersebut, dilakukan dengan teknik pengubinan 3 meter x 4 meter dan didapat hasil, jumlah bulir 95–122–132 , jumlah rumpun 220, jumlah anakan 30 – 27 – 26, berat ubinan 8,62 Kg gabah dan diprediksikan dalam satu hektar mampu menghasilkan padi sekitar 7,18 ton.

Koordinator PPL Kecamatan Mojoanyar, Sutrisno, SP turun langsung melakukan pengubinan padi di lahan milik Askan tersebut. Tampak PPL Shinta Nirmalasari, SPt, Agus Setijo R, SP, dan dua anggota PPL lainnya, bersama-sama Para Babinsa Pos Ramil Mojoanyar, Sertu Suratin, Serda Sumiran, Serda Sarbini dan Kopka Raino serta Ketua Poktan Tani Mardi, Sugito. 

Disela-sela pengubinan, Sutrisno, SP, Koordinator PPL Kecamatan Mojoanyar, mengatakan, kegiatan pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani tentang prediksi potensi produksi gabah panennya.  Ini merupakan sarana bagi PPL dalam membuka wawasan petani tentang teknologi pertanian, karena dalam pengubinan menerapkan metode dan teknik-teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu, seperti buku panduan BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan diambil sample perhitungan dan lain-lain, terangnya.

Sementara Pelaksana Tugas Danpos Ramil Mojoanyar, Letda Inf Akhmad Rifa’i, saat dikonfirmasi mengungkapkan, bahwa turunnya Babinsa bersama PPL dalam pengubinan padi tersebut, merupakan bagian dari pendampingan ketahanan pangan. Ini semua dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan, ujarnya.

“Para Babinsa di wilayah akan terus memantau dan melakukan pendampingan mulai pengolahan lahan, penanaman, pengolahan, perawatan, masa  panen dan pendistribusian , tandasnya.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Gelar Serap Aspirasi Masyarakat

Mojokerto

Pemkot Mojokerto Cegah Peredaran Pil PCC.

Mojokerto

Pemkab Mojokerto Segera Terapkan Integrated Government, Tumbuhkan Kulture Digital

Mojokerto

Satpol PP Segel Central Industri Kecil Trowulan

Mojokerto

Danramil 0815/13 Kutorejo Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Gedangan

Mojokerto

Eksekutif-Legislatif Kota Mojoketo Akan Godog 8 Perda Baru

Mojokerto

DPRD Kota Mojokerto Berharap Masyarakat Kota Berlangganan PDAM.

Mojokerto

Wujudkan Balita Sehat Babinsa Tangunan Dampingi Layanan Imunisasi Posyandu