Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 26 Maret 2018 - 09:30 WIB

Koramil 0815/09 Mojosari Lakukan Percepatan LTT Di Poktan Sekar Tani

MOJOKERTO. (Sekilasmedia. Com) Pendampingan Ketahanan pangan merupakan program kerja sama antara TNI dan Kementan RI, yang ditindaklanjuti oleh Jajaran TNI AD dan Kementan di semua tingkatan, termasuk Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil Jajaran hingga Babinsa.

Seperti Koramil 0815/09 Mojosari yang terus memaksimalkan kegiatan pendampingan ketahanan pangan demi mempercepat terwujudnya swasembada beras di wilayah.

Pendampingan ketahanan pangan kali ini, berupa percepatan luas tambah tanam (LTT) yang dilakukan Bati Tuud Koramil 09/Mojosari Serma Tedy Maryono dan Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, H. Amin, S.TP, di Dusun Kemloko, Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  Senin (26/03/18).

Tampak Babinsa Jotangan Serka  Masruri beserta empat Babinsa lainnya dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Jotangan, Indah Dwi Kurniawan, SP beserta empat orang PPL dari BPP Kecamatan Mojosari, yang turun langsung di areal sawah Poktan Sekar Tani, seluas lima hektar,  termasuk lahan milik Syafi’i.

Kehadiran para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Babinsa tersebut, dalam rangka percepatan luas tambah tanam (LTT) padi, di wilayah Mojosari, dengan mengoperasionalkan traktor tangan TR2 (Alsintan) milik Poktan.

Untuk diketahui, luas tambah tanam (LTT) padi, beda dengan cetak sawah baru.  Dalam LTT, titik beratnya pada peningkatan fungsi lahan produksi padi dari satu hektar misalnya dijadikan tiga kali panen,  sehingga hasil panennya setara dengan luas lahan tiga hektar.

Biasanya, dalam satu tahun,  dua kali panen,  melalui LTT ini ditingkatkan menjadi tiga kali panen. Jadi frekwensi tanam yang ditambah dengan cara tanam setahun tiga kali.

Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Wiyanto mengatakan, pihaknya akan terus bekerjasama dan berkoordinasi dengan UPTD Pertanian Kecamatan Mojosari, termasuk para Babinsa dan PPL, dalam pendampingan ketahanan pangan, salah satunya percepatan luas tambah tanam (LTT). 

“LTT ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatan produksi pertanian guna pencapaian swasembada pangan di wilayah”, ungkap Danramil.(Dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kantor Disemprot Disinfektan, Kasat Satlantas Polres Asahan Minta Tetap Prokes

Daerah

PT Sun Paper Source Berikan Santunan Bagi Keluarga Korban Kebakaran

Daerah

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Disalurkan Bagi Warga Pungging

Daerah

Operasi Lilin Semeru 2023, Polresta Sidoarjo Sabet Penghargaan dari Kapolda Jatim

Daerah

Memperkokoh Kerukunan dengan Tokoh Agama, Kapolsek Dlanggu Sowan Ulama Umaro

Daerah

Pemkab Probolinggo Capai APBD Lebih Dari Target Awal

Daerah

HUT Bhayangkara ke 76 Kabid Humas Polda Jatim Dapatkan Penghargaan Dari Pesantren Al Quran Nurul Falah

Daerah

Gedung Meteor Diresmikan, Kapolda Jatim Berterima Kasih ke Walikota Probolinggo