Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Olahraga

Minggu, 1 April 2018 - 12:12 WIB

Piala Suratin U-15 Dan U-13 Akan Dimulai Di Mojokerto-Jombang-Surabaya, HARUSNYA PSSI DAERAH BISA RINGANKAN PESERTA DENGAN SPONSOR?

         PSSI Kota Moker, GenB dan Bina Putra

Reporter: tim
Editor: Siswahyu

SURABAYA (sekilasmedia.com) Tahun 2018 ini bisa disebut sebagai tahun start ‘panennya’ kompetisi/turnamen resmi sepakbola ‘junior-anak’ yang digelar oleh masing-masing pihak, termasuk Piala Suratin oleh PSSI beserta jaringan, kemudian Gala Siswa Indonesia atau GSI oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang konon memperebutkan Piala Presiden, lalu juga ada Piala Menteri Pemuda Dan Olahraga Imam Nahrawi.

*PIALA GSI OLEH MENDIKBUD UNTUK SMP U14 DAN PIALA MENPORA UNTUK U16-U14-U12*
Untuk Gala Siswa Indonesia atau GSI Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang konon memperebutkan Piala Presiden untuk tahun 2018 ini diperuntukkan bagi pelajar SMP dengan kelahiran 1 Januari 2004 dan setelahnya atau setara dengan U14. Untuk tahun ini ada daerah yang belum bisa memutarnya karena dirasa terlalu mepet waktu dan proses penganggaran yang belum memungkinkan. Namun sejumlah tempat telah menyelesaikan tingkat Kabupaten/Kota termasuk Kota Mojokerto, Kabupaten Malang, Blitar dll. Kemudian untuk Babak Provinsi sekitar bulan Agustus-September. Babak Nasional bulan Oktober. Sang Juara akan mendapatkan Training Center nasional sebelum diberangkatkan ke kejuaraan internasional.

Sementara untuk Piala Menteri Pemuda Dan Olahraga Imam Nahrawi, untuk tahun 2018 ini akan ditangani oleh tiga operator. Untuk U12 dengan operator FOSSBI-nya Zuchli Imran Putra, untuk U14 dengan operator BLiSPI-nya Subagja Suihan yang juga ayah angkat Egy Maulana Vikri, lalu untuk U16 dengan operator Kusnaeni dkk.

*PIALA SURATIN U17 DITANGANI PROVINSI DAN U15-U13 OLEH ASKAB/ASKOT*
Sedangkan Piala Suratin untuk ‘junior-anak’ tahun 2018 ini akan menggelar untuk U17 dan U15 serta U13. Untuk U17 di Jawa Timur akan ditangani langsung oleh Asprov Jatim, dilaksanakan Juli 2018. Sedangkan U15 dan U13 dilaksanakan oleh masing-masing Askab/Askot PSSI masing-masing yang harus selesai paling lambat bulan Juni 2018 karena pada bulan Juli akan dilaksanakan Babak Provinsi Jatim.

“Kami akan melaksanakan Piala Suratin U15 bulan April. Sedangkan U13 setelah itu,” ungkap Praftomo salah satu pengurus Askab PSSI Jombang, meskipun untuk proses pendaftaran masih sedang berlangsung dan belum bisa ditentukan SSB/Akademi mana saja yang ikut. Sekadar catatan untuk Piala Suratin U15 Jatim tahun 2017 kemarin yang dikemas dalam Liga Relaxa U15 Jatim, Bhayangkara FC U15 menjadi Juar 1 setelah dalam final menang 2-0 atas Persebaya Surabaya.

               Bhayangkara FC U15 Juara 2017

*PIALA SURATIN MOJOKERTO-JOMBANG-SURABAYA DILAKSANAKAN APRIL 2018*
Sama seperti Kabupaten Jombang, berdasarkan sejumlah sumber untuk Kota Mojokerto dan Kota Surabaya Piala Suratin U15 akan dilaksanakan  April 2018. “Kami sedang TM Piala Suratin di kantor satpol PP Kota Mojokerto,” ungkap Erik salah satu pengurus Askot PSSI Mojokerto via komunikasi seluler meskipun untuk lebih detailnya didapatkan dari sumber lain.

Berdasar berbagai sumber lain didapat informasi bahwa Piala Suratin U15 Kota Mojokerto akan dimulai pada 14 April 2018, dengan didahului screening pada 7 April 2018 jam 13.00. Adapun pesertanya terdapat tujuh SSB yaitu Internal, Gen-B, Pupra Prajurit Kulon, Saka Star sekitar kawasan Sooko, Persera, Sinar Mas, Putra Brawijaya dan Bina Putra. Sehingga terdapat sejumlah SSB yang belum bisa mengikuti termasuk Hanza FC, Putra Gajahmada, Satria Majapahit, Laut Biru dll.

*ATURAN PIALA SURATIN U15 DAN U13 HARUS SELESAI JUNI 2018*
Ada sejumlah aturan dari Asprov PSSI Jatim untuk Piala Suratin U15 dan U13. Diantaranya untuk kompetisi di Askab/Askot harus sudah selesai pada bulan Juni 2018. Kemudian pelatih kepala minimal berlisensi D Nasional. Sedangkan untuk komposisi pesepakbola U15 terdiri dari 50 persen kelahiran 1 Januari 2003 dan 50 persen kelahiran 1 Januari 2004 atau setelahnya.

Kemudian peserta kompetisi adalah klub anggota Askab/Askot, anggota Asprov, anggota PSSI, SSB dan klub anggota PSSI atau calon anggota yang diketahui PSSI Jatim dengan melengkapi persyaratan sesuai edaran PSSI nomor 665/PGD/130/II-2018 perihal Sekolah Sepakbola Terafiliasi. Lalu menyangkut waktu permainan pertandingan adalah 2 X 40 menit untuk U15 dan 2 X 30 menit untuk U18.

*ASKAB/ASKOT HARUS LAPOR ASPROV PSSI JATIM UNTUK PEMANTAUAN BAKAT*
Aturan lain diantaranya, sebelum pelaksanaan pertandingan Askab/Askot harus melaporkan dulu kepada Asprov PSSI Jatim mengenai peserta, jumla peserta, sistem pertandingan, serta jadwal dimulai dan diakhirinya pertandingan untuk pemantauan bakat oleh Komite Teknik PSSI Jatim. Juga terdapat aturan bahwa volume pertandingan minimal 8 kali per tim.

Aturan berikutnya, untuk Askab/Askot yang menggelar Babak Penyisihan wajib melaporkan Babak Penyisihan kepada Asprov PSSI Jatim. Kemudian klub pemenang di tingkat Askab/Askot berhak mewakili ke tingkat Provinsi Jatim.

*SEBAGIAN ATURAN PIALA SURATIN U17*
Untuk Piala Suratin U17 Jatim yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 juga ada sejumlah aturan. Diantaranya bahwa sistem pertandingan adalah full kompetisi ata dua kali home tournament. Juga yang penting bahwa untuk Piala Suratin U17 tidak dipungut beaya, akan tetapi peserta diwajibkan membayar jaminan kompetisi sebesar Rp.2.500.000.

Untuk U17, pesepakbola adalah kelahiran 1 Januari 2001 atau setelahnya. Lalu untuk pelatih kepala harusla berlisensi minimal CAFC/C Nasional. Selain itu bagi tim yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah juga bisa berkoordinasi dengan Asprov PSSI Jatim. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Bola Volly Pelajar Rebutkan Piala Kapolresta Mojokerto Cup X, Masuki Babak Final

Olahraga

Sikatan Muda-Nari-Hadi Pimpin Piala Suratin U15 Kota Mojokerto, UNTUK MAKSIMALISASI PEMBINAAN SEPAKBOLA PERLU KAWALAN SERIUS ASKAB/ASKOT

Olahraga

Pemkab Mojokerto Beri Bonus Rp 50 Juta untuk Khalimatus Sadiyah,Atlet Bulu Tangkis

Olahraga

Askot PSSI Kota Mojokerto & Manejemen, Berhasil Selamatkan Persem Agar Tidak Dicoret Dari Liga 3 Tahun 2022

Olahraga

Siswahyu Kurniawan: Hans Peter Schaller Mantan Assalam FC Timor Leste & Shah Rei Sukardi Dirindukan Pesepakbola Usia Transisi

Olahraga

ANAK-ANAK SURABAYA BERKOSTUM MALANG

Olahraga

Askot PSSI Kota Batu Gelar Festifal SSB dan Women Soccer se Kota Batu

Olahraga

Hari Libur, Prajurit Kodim 0815 Lakukan Komsos Melalui Pertandingan Sepak Bola