Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Olahraga

Senin, 2 April 2018 - 06:35 WIB

SSB Kampar United U12-U14 Juara Nasional SBAI Akan Dikirim Ke Vietnam, COACH GANDI: KAMI INGIN MEREKA JADI PEMAIN PRO DAN MASUK TIMNAS

                            Iyal, Nanda, Refri, Gandi
Reporter: tim
Editor: Siswahyu

JAKARTA (sekilasmedia.com) Apa yang Anda bayangkan jika akan menempuh perjalanan sejauh sekitar 1.400 km? Iya, seribu empatratus kilometer, yang jika menggunakan tranportasi udara dan gabungan darat maka akan dibutuhkan waktu minimal sekitar 5 hingga 7 jam jika lancar. Dengan beaya per orang untuk transportasi saja minimal sekitar Rp.700 ribu jika normal dan lancar.

*JARAK 1.4OO KM JIKA VIA DARAT SAJA BUTUH WAKTU DUA HARI!”*
Itu jika menggunakan tranportasi gabungan antara udara dan darat. Namun bayangkanlah jika jarak 1.400 km itu ditempuh tanpa transportasi udara tapi hanya transportasi darat? Untuk itu dibutuhkan waktu tempuh selama dua hari lebih dan per orang menghabiskan beaya sekitar minimal Rp.500 ribu belum termasuk keperluan-keperluan yang diinginkan diluar ‘paket’ transportasi.

Berarti untuk beaya transportasi untuk menempuh perjalanan tersebut lewat darat saja hingga gabungan udara dan darat diperlukan dana untuk transportasi saja minimal sekitat Rp.600 ribu – Rp.800 ribu per orang untuk satu arah. Jika untuk Pergi-Pulang? Minimal Rp.1.400.000 hingga Rp.1.600.000 atau dibulatkan Rp.2 juta per orang? Itu hanya untuk transportasi saja dan belum yang lain-lainnya seperti beaya hidup dan penginapan selama beberapa hari di Jakarta. Lantas bayangkan jika yang berangkat adalah 14 anak usia Under-12 dan 16 anak U-14 dengan didampingi empat official termasuk pelatih dan tim manejemen. Berapa beaya yang dibutuhkan?

*DALAM RANGKA LOLOS KE BABAK NASIONAL KEJUARAAN SBAI*
Hal itu dalam rangka mereka lolos untuk mengikuti putaran Babak Nasional Kejuaraan SBAI, Sepakbola Anak Indonesia di Jakarta. Jika agenda tersebut di Surabaya, Jawa Timur, misalnya maka akan berapa banyak lagi dana dikeluarkan? Namun hal-hal tersebut, termasuk keluar dana besar dan menempuh perjalanan jauh Kampar-Jakarta PP, tidaklah dirasa sebagai halangan bagi Tim Manejemen dan Tim Pelatih Kampar United Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Namun perjuangan itu haruslah dihargai, apalagi oleh pihak-pihak terkait.

Apalagi hingga hasil kinerja yang dicapai pun sangat memuaskan, dengan tim mereka U-12 dan U-14 sukses menjadi juara di Babak Nasional Turnamen SBAI hingga mereka berhak dikirim ke turnamen internasional di Vietnam pada Agustus 2018 nanti. “Spirit kami sebagai pelatih bersama seluruh elemen tim adalah dalam rangka memajukan sepakbola di daerah kami yang di Kampar khususnya dan Riau umumnya.” Kurang lebih hal tersebut diungkapkan Gandi head coach Kampar United U-14 dan U12 begitu pula coach Refri yang melatih untuk U-12 didampingi Iyal official dan Nanda manejer yang telah mengikuti Turnamen Nasional SBAI di Stadion Cenderawasih Cengkareng Jakarta Barat 28-31 Maret 2018.

*KAMPAR UNITED HARUS BERSAING DENGAN BERBAGAI DAERAH SE-INDONESIA*
Yang dicapai Kampar United tersebut merupakan hasil luar biasa yang bisa dicapai berkat perjuangan keras seluruh elemen tim. Padahal untuk tim Kampar United U-14 harus bersaing dengan 8 tim lain dari seluruh Indonesia yang menjadi juara ‘zona’.

Adapun SSB-SSB tersebut adalah SSB Indonesian Rising Star DKI Jakarta, SSB Muara Gayo Aceh, SSB Puma Jawa Timur, SSB Kembar Muda Kalimantan Timur, SSN Young Guns United Bandung-Jabar, SSB Mandala Majalengka-Jabar, SSB Tugu Muda Semarang-Jateng, SSB Gajamada Lampung Timur-Lampung, dan SSB Kampat United Kampar-Riau.

*KAMPAR UNITED U12 MENANGGUNG BEBAN LEBIH BERAT*
Beban lebih berat ada pada Kampar United karena harus bersaing bersama dengan total 16 tim. Adapun tim-tim tersebut adalah SSB PPLDP Manado-Sulawesi Utara, SSB Pandawa Jatim, SSB Mabar Putra Sumatera Utara, SSB Karisma-Sumut, Akademi Persebaya Surabaya-Jatim, SSB Bina Putra Padang-Sumbar, SSB Mandala Majalengka-Jabar, SSB Kembar Muda Kalimantan Timur, SSB YONIF 143 Lampung, SSB Brandon Padang-Sumbar, SSB Mandala Bali, SSB Porsila Aceh? SSB Indonesian Rising Star DKI Jakarta, SSB Mayang Putra Aceh dan SSB Kampar United Riau.

*TAHUN 2018 INI PUTARAN KE-5 TURNAMEN SBAI U12 DAN U14*
Sebagaimana diketahui SBAI merupakan salah satu ‘institusi’ yang memiliki kerjasama dengan Kemempora, secara rutin mengadakan turnamen nasional sekaligus menjaring bakat-bakat potensial pesepakbola ‘junior-anak’ untuk diberi kesempatan mengikuti even internasional seperti ke Barcelona Spanyol, ke Kinabalu Malaysia dan lain-lain.

Prestasi yang terbaru SBAI diantaranya Timnas SBAI Garuda Jaya U14 menjadi Juara 1 Borneo Cup di Kinabalu Sabah Malaysia pada 1-3 Oktober 2017. Kemudian Timnas SBAI Garuda Jaya U14 meraih Juara 1 Barcelona Cup Spanyol pada bulan Mei 2017. Sedangkan SSB Kampar United U12 dan U14 yang yang berhasil menjadi juara Turnamen Nasional SBAI 2018 akan dikirim ke turnamen internasional di Vietnam Agustus 2018.

*GANDI-REFRI-IYAS-NANDA DKK INGIN LAHIRKAN PESEPAKBOLA PRO DARI KAMPAR*
“Kami tentu bangga atas hasil yang dicapai SSB Kampar United yang kami tangani bersama-sama,” ungkap Head Coach Gandi yang bersama Coach Refri serta official Iyas dan Manejer Nanda, merasa bahwa setelah ini harus bekerja lebih keras lagi untuk persiapan menuju Vietnam Agustus 2018.

Namun bagi Gandi, Refri, Iyas dan Nanda, tidaklah hanya memikirkan saat ini. Dengan adanya pesepakbola anak-anak yang potensial di Kampar, telah lama mereka berharap prestasi tidak hanya berhenti saat mereka anak-anak hingga sekitar U17. Namun harapan ke depan yang lain adalah keinginan pesepakbola (senior, red.) yang mampu berkiprah dalam Timnas Indonesia maupun pesepakbola profesional yang bisa mewarna Liga sepakbola Indonesia seperti Liga 1 Gojek Traveloka. Hal tersebut menurut mereka sangat memungkinkan apalagi dengan potensi perusahaan-perusahaan besar di Kampar. “Kita ingin ada pesepakbola senior asal Kampar yang menasional, bukan hanya pesepakbola Tarkam,” ungkap Gandi.

*KOMPOSISI KAMPAR UNITED U12 DAN U14 YANG JUARA TURNAMEN NASIONAL*
Sekadar catatan, Kampar United U12 dan U14 bisa menjadi juara pada Turnamen Nasional SBAI tak lepas dari peran keseluruhan termasuk Head Coach Gandi, Coach Refri, official Iyas dan manejer Nanda. Sedangkan nama-nama 14  pesepakbola SSB Kampar United U12 adalah: Gaza, Kevin, Rayhan, Dirly, Don Juan, M.Abdullah Siva, Refki, Fadel, Afdal, Tio, Ramdan, Kadri, Riski dan Ihsan.

Sedangkan skuad SSB Kampar United U14 diperkuat 16 pesepakbola. Ada Ikmal, Aldo, Buffon, Bintang, Daffa, Ajes, Esias Salya, Syahrizal, Dimas, Noval. Juga ada pula nama-nama Defri Hidayat, Nanang, Rio, Ihsan N, Abidal dan Defri Nur. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Kompak, TNI Polri Olahraga Tenis Bersama Danrem 082/CPYJ

Olahraga

Launching Liga 3 Jatim By Asprov PSSI Jatim Didukung Kapal Api Dan Bukalapak, PESERTA TERBANYAK NASIONAL DARI 41 MENJADI 49 KLUB

Daerah

Sukses Tahan Imbang Borneo FC di Leg 2, Arema FC Raih Gelar Juara Piala Presiden 2022

Olahraga

Putkam Unitomo Gelar Kompetisi Esport, Kegiatan Positif  di Tengah Pandemi

Olahraga

Askab PSSI Mojokerto Seleksi Pemain untuk PS Mojokerto Putra Junior

Olahraga

Turnamen Taekwondo Piala Dandim 0208/AS Tahun 2022 Resmi Ditutup

Olahraga

Dzaki Akmal Dan Didan Untuk HUT Arema Usai Final Bhayangkara FC U14 VS Akademi Arema Pun Para Pesepakbola ‘Anak’ Berangkulan Friendly Fairplay

Olahraga

Komite Pemilihan di PSSI, Include Askot Dan Askab, Bisa Jadi Bagian Awal Penegakan Statuta Jika Anggota Pun Serius