Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 5 April 2018 - 16:20 WIB

Pengubinan Padi Poktan Karya Makmur, Potensi Panen Diprediksi Tembus, 7,6 Ton

MOJOKERTO.(Sekilasmedia. Com)  Untuk mengukur potensi hasil panen yang dicapai, kelompok tani (Poktan) Karya Makmur Dusun Seduri Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto melaksanakan pengubinan padi, Kamis (05/04/2018).  Pengubinan ini dilakukan di areal persawahan yang siap untuk dipanen.

Pada pengubinan padi di lahan seluas 0,14 hektar milik Suntoro yang ditanami varietas Ciherang, pengubinan dilakukan oleh Koordinator PPL Kecamatan Dlanggu Supramonorini, SP, bersama Babinsa Tumapel Sertu Mohammad Sholeh, PPL Desa Tumapel Anik Sulistyas, SP beserta empat orang PPL dari BPP Dlanggu, Ketua Poktan Karya Makmur Suntoro dan pemilik lahan. 

Tampak Babinsa bersama Koordinator PPL, PPL dari BPP Dlanggu dan PPL setempat serta Ka Poktan dan anggota melakukan pengubinan padi dengan menggunakan empat bilah besi ukuran 2,5 meter 2 dan sejumlah peralatan pendukung lainnya, seperti alat timbang, sabit dan buku panduan BPS serta sak. 

Menurut Babinsa Tumapel, Sertu Muhammad Sholeh, yang turun langsung di lokasi, hasil yang didapat dari pengubinan padi di luas ubinan 2,5 x 2,5 meter tersebut, yaitu  panjang malai 30 cm, jumlah bulir 321, jumlah anakan 17, jumlah rumpun 240, dan berat ubinan 4,8 kg. Prediksi potensi gabah yang dihasilkan dalam satu hektar mencapai 7,68 ton.  Sementara harga gabah kering panen (GKP) saat ini RP 4.100,- dan harga gabah kering panen (GKP) Rp 4.900,- hingga Rp 5.000,-.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/14 Dlanggu, Kapten Inf Kasim mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa bersama PPL pada pengubinan padi sebagai upaya khusus ketahanan pangan guna mengawal pencapaian swasembada pangan di wilayah.

Hadirnya Babinsa dalam pendampingan ketahanan pangan ini, diharapkan dapat mendorong para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam, sehingga produksi pangan meningkat dan menambah pendapatan petani, tandasnya.(dim/wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

PP Sabilul Muttaqin Yang Diasuh Dr KH Abdul Rokhim Adakan Peringatan Maulid Nabi, Undang Gubernur Khofifah & Wabup Gus Barra

Daerah

Kasat Lantas Polres Pasuruan Bagi Hadiah di Hari Pahlawan

Daerah

Keberadaan Foodcourt Tambah Daya Tarik Kawasan Wisata Mbencirang

Daerah

Ditpolairud Polda Jatim Berhasil Selamatkan Kapal Pemancing yang Terombang – ambing di Perairan Gresik

Daerah

Bersama PPL, Babinsa Koramil 09/Mojosari Panen Padi Di Menanggal

Daerah

Polisi Sambang Desa, IPTU MK Umam Dapati Balita BGM dan Alami Stunting

Daerah

Peduli Semeru, PAMMI Mojokerto Turut Galang Donasi

Daerah

Korban Terdampak Angin Puting Beliung Tongas Terima Bantuan Sembako