Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pendidikan

Selasa, 10 April 2018 - 11:31 WIB

Berdalih Tak Punya Sertipikat, Ratusan Kepala Sekolah Dicopot.

Mojokerto(Sekilasmedia.com)-Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto tiba-tiba mencopot ratusan kepala sekolah (Kasek) SD dan SMP di Kabupaten Mojokerto. Alasannya mereka belum memiliki sertifikat kepala sekolah.

Total kepala sekolah yang dicopot hingga mencapai 210 kasek, mereka sebagian besar diturunkan posisinya dari kepala sekolah definitif menjadi Plt. Mereka juga diminta mengurus sertifikasi dan harus membayar.

Sementara untuk mendapatkan sertifikat, kepala sekolah harus mengikuti ujian di Lembaga Penyelenggara Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (LP2KS) di Karanganyar, Jawa Tengah, kalau lulus nanti akan mendapatkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Zainal Abidin, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto ketika dikonfirmasi mengatakan, pencopotan ratusan kasek ini karena semuanya belum punya sertifikat hingga menjabat dua periode juga belum punya.

Zaenal menambahkan, sesuai UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dijelaskan, semua guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah harus mengantongi sertifikat. “Semua kasek belum ada yang punya sertifikat,” ungkapnya.

Zaenal juga mengatakan, solusi untuk memenuhi aturan ini. Dispendik sudah mengirimkan secara bertahap kasek ke LP2KS, dari 500 lebih kasek yang sudah diberangkatkan pada gelombang I sebanyak 245 kasek dan gelombang II sebanyak 125 kasek. “Soal biayanya memang menjadi tanggung jawab masing-masing, dan ini yang dikeluhkan,” pungkasnya.(wo)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Disaksikan Wali Kota, SMPN 7 Kota Probolinggo Umumkan Kelulusan Siswa Secara Virtual

Pendidikan

PJJ SMPN 1 Bangil Dapat Apresiasi Kepala Dinas Pendidikan Pasuruan

Daerah

Kembangkan Materi Literasi Numerasi Anak Usia Dini, Dikbud Gelar Lomba APE

Pendidikan

Didemo Siswa, Kasek SMAN Mojosari Akhirnya Mengundurkan Diri.

Pendidikan

Disdik Harus Tegas Pada Kasek Nakal, WARSITO: SEKOLAH NEGERI JANGAN ADA PUNGLI

Pendidikan

Dalam Sidak Bupati Sidoarjo ingat kenangan waktu dulu sekolah SMPN 2 Sidoarjo

Pendidikan

Asli Cah Ndeso, Meraih Berbagai Prestasi Dengan Karya Tulis Dan Bukunya.

Pendidikan

Plt. BUPATI TINJAU PELAKSANAAN UNBK SMP/ MTs DI LUMAJANG