Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Olahraga

Sabtu, 14 April 2018 - 15:07 WIB

Sikatan Muda-Nari-Hadi Pimpin Piala Suratin U15 Kota Mojokerto, UNTUK MAKSIMALISASI PEMBINAAN SEPAKBOLA PERLU KAWALAN SERIUS ASKAB/ASKOT

Reporter: tim
Editor: Siswahyu

MOJOKERTO (sekilasmedia.com) Di sejumlah daerah mulai bergulir kompetisi sepakbola anak Piala Suratin U15 dan U13 yang merupakan program resmi PSSI pusat yang ‘dipandu’ Asosiasi PSSI Provinsi dan dilaksanakan oleh Asosiasi Kabupaten/Kota daerah masing-masing, termasuk untuk U15 yang dimulai hari ini oleh Askot PSSI Kota Mojokerto pimpinan Santoso Bekti Wibowo.

*PIALA SURATIN U15 KOTA MOJOKERTO DIIKUTI ENAM TIM*
Untuk Piala Suratin U15 Askot PSSI Mojokerto yang dimulai hari ini, Sabtu 14 April 2018, dilaksanakan di lapangan Kelurahan Pulorejo dengan diikuti enam tim yaitu SSB Sikatan Muda Pulorejo pimpinan Nari-Hadi Kurniawan, Persera Randegan, Sinar Mas pimpinan Samsul Hadi, Internal pimpinan Bambang Puji yang juga exco Askot PSSI Mojokerto, Gen-B pimpinan Utama Wijaya-Komariono-Budi, dan Bina Putra pimpinan Drajat.

Sedangkan sejumlah SSB tidak mengikuti kompetisi tersebut belum diketahui penyebabnya termasuk Putra Gajahmada, Hanza FC, Pupra Prajurit Kulon, (Satria Majapahit?, Laut Biru?) dll. “Untuk Piala Suratin yang baru kali ini diadakan lagi setelah vakum lama, untuk di Kota Mojokerto sudah bagus. Namun harapan kami ke depan PSSI Kota Mojokerto agar lebih greget dan memberi kawalan yang lebih serius,” ungkap sejumlah official yang enggan disebut namanya, seraya saling menjelaskan bahwa untuk Piala Suratin U15 dan U13 memang dilaksanakan mulai dari Askab/Askot. Lalu para juara mewakili Askab/Askot untuk tampil di level provinsi. Berbeda dengan U17 yang langsung bertanding di Babak Provinsi. Lantas para juara provinsi U15 dan U13 serta U17 dikirim ke Babak Nasional.

*SIKATAN MUDA VS PERSERA 8-0 DAN SINAR MAS VS INTERNAL 2-1*
Pada Piala Suratin U15 Kota Mojokerto yang dimulai hari ini di lapangan Pulorejo semua tim, enam tim, saling bertanding. Pada pertandingan pertama Sikatan Muda asuhan Nari-Hadi Kurniawan unggul 8-0 atas Persera Randegan. “Kami senang dengan hasil hari ini meskipun persiapan kami untuk pembentukan tim sangatlah singkat,” ungkap Hadi Kurniawan pelatih Sikatan Muda yang juga sedang diusulkan ke Jakarta untuk menjadi paling berdedikasi dan fairplay.

Lalu pada pertandingan kedua Sinar Mas unggul 2-1 atas Internal dimana dua gol Sinar Mas lahir dari tendangan penalti, lalu Gen-B unggul atas Bina Putra. Dengan hasil tersebut untuk sementara Sikatan Muda menduduki peringkat pertama pada klasemen karena selisih gol. Untuk pertandingan selanjutnya akan diadakan pada hari Jumat 20 April dan Sabtu 21 April.

*ATURAN PIALA SURATIN U15 DAN U13 HARUS SELESAI JUNI 2018*
Sekadar catatan, ada sejumlah aturan dari Asprov PSSI Jatim untuk Piala Suratin U15 dan U13. Diantaranya untuk kompetisi di Askab/Askot harus sudah selesai pada bulan Juni 2018. Kemudian pelatih kepala minimal berlisensi D Nasional. Sedangkan untuk komposisi pesepakbola U15 terdiri dari 50 persen kelahiran 1 Januari 2003 dan 50 persen kelahiran 1 Januari 2004 atau setelahnya.

Kemudian peserta kompetisi adalah klub anggota Askab/Askot, anggota Asprov, anggota PSSI, SSB dan klub anggota PSSI atau calon anggota yang diketahui PSSI Jatim dengan melengkapi persyaratan sesuai edaran PSSI nomor 665/PGD/130/II-2018 perihal Sekolah Sepakbola Terafiliasi. Lalu menyangkut waktu permainan pertandingan adalah 2 X 40 menit untuk U15 dan 2 X 30 menit untuk U18.

*ASKAB/ASKOT HARUS LAPOR ASPROV PSSI JATIM UNTUK PEMANTAUAN BAKAT*
Aturan lain diantaranya, sebelum pelaksanaan pertandingan Askab/Askot harus melaporkan dulu kepada Asprov PSSI Jatim mengenai peserta, jumla peserta, sistem pertandingan, serta jadwal dimulai dan diakhirinya pertandingan untuk pemantauan bakat oleh Komite Teknik PSSI Jatim. Juga terdapat aturan bahwa volume pertandingan minimal 8 kali per tim.

Aturan berikutnya, untuk Askab/Askot yang menggelar Babak Penyisihan wajib melaporkan Babak Penyisihan kepada Asprov PSSI Jatim. Kemudian klub pemenang di tingkat Askab/Askot berhak mewakili ke tingkat Provinsi Jatim.

*SEBAGIAN ATURAN PIALA SURATIN U17*
Untuk Piala Suratin U17 Jatim yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 juga ada sejumlah aturan. Diantaranya bahwa sistem pertandingan adalah full kompetisi ata dua kali home tournament. Juga yang penting bahwa untuk Piala Suratin U17 tidak dipungut beaya, akan tetapi peserta diwajibkan membayar jaminan kompetisi sebesar Rp.2.500.000.

Untuk U17, pesepakbola adalah kelahiran 1 Januari 2001 atau setelahnya. Lalu untuk pelatih kepala harusla berlisensi minimal CAFC/C Nasional. Selain itu bagi tim yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah juga bisa berkoordinasi dengan Asprov PSSI Jatim. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926.(dim/wo)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Jelang Porwanas 2021, SIWO PWI Kota Batu Gelar Turnamen Olahraga Catur Antar Wartawan

Olahraga

Timnas Sepakbola Gagal Di Asian Games, Klemen Tinal Ketum Perserosi Target Roller Skate Satu Emas Dan Ganjar Razuni Melihat Official Optimis Sepatu Roda Dapat 2-3 Emas

Olahraga

Meskipun Dalam Koridor Bhayangkara FC U15-U14, Nanda: Mayoritas Dukung Buat Tim Tersendiri Dream Come True To China; Gardi: Sepakbola Anak Harusnya Diperhatikan

Olahraga

Care, PSSI Kota Mojokerto Salutkan Bantuan Dana Pembinaan Untuk SSB / Klub Anggota

Olahraga

Divif 2 Kostrad Gelar Kejuaraan 4th National Open Karate Championship 2023

Olahraga

Yudha-Akmal-Resa-Opang-Wisnu-Roziq-Denis-Daffa Dkk Para Anak SMP Berprestasi Perkuat Bhayangkara FC U14, RAIH JUARA 1 MENPORA U14 ZONA SIDOARJO SEBAGAI HADIAH HUT BHAYANGKARA KEPOLISIAN NASIONAL HINGGA DIIKUTKAN LAUNCHING RESMI TIM BHAYANGKARA FC U14

Olahraga

Fikri-Gagah-Tegar-Alex-Wildan Pesepakbola SMPN 2 Kota Mojokerto Lolos Ke Babak Provinsi Piala Menpora U12

Olahraga

Manajer Bhayangkara FC Liga 1 Kompak Dengan Junior, AKBP SUMARDJI-AKBP EDDWI SINERGI PEDULI