Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Minggu, 22 April 2018 - 11:14 WIB

Peringatan Hari Bumi Digelar Pemkab Mojokerto

Mojokerto, Sekilasmedia. ComEnd Plastic Polution atau Hentikan Pencemaran Plastik, menjadi tema Peringatan Hari Bumi Tahun 2018 yang digelar Minggu (22/4) pagi di Ekowisata Tanjungan, Kecamatan Kemlagi. Plastik menjadi isu lingkungan yang telah lama menjadi problem. Bahkan rasionya bisa dihitung 1 manusia bertanggungjawab terhadap 1 ton sampah plastik.
“Saat ini diperkirakan produksi plastik mencapai 8,3 miliyar ton, dimana 6,3 milyar ton dari jumlah itu berakhir sebagai sampah. Jumlah manusia di Bumi sekitar 7 milyar orang, artinya bisa dihitung 1 orang manusia bertanggungjawab terhadap 1 ton sampah plastik,” kata Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa.
Banyaknya problem dari sampah plastik seperti mikroplastik di lautan bahkan di air minum kemasan, hingga minyak bumi sebagai bahan baku pembuatannya yang berarti membuang plastik sama dengan membuang minyak bumi, mengharuskan kita untuk mencari cara mendaur ulangnya.
Namun sayangnya tingkat daur ulang plastik hanya sekitar 9 persen dari 9,3 milyar sampah plastik yang hasilnya masih kalah dengan produk plastik non daur ulang. Usaha pembuatan plastik ramah lingkungan, baru mampu memproduksi 8 ton saja.
Ditambahkan bupati Mustofa Kamal Pasa, bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto telah rutin memberi pembinaan dan bantuan kepada masyarakat untuk menerapkan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle). Namun diakuinya bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto, tidak bisa melakukannya sendiri.
“3 R tidak bisa dijalankan sendri oleh pemerintah. Perlu dukungan dan sikap kooperatif masyarakat demi memuluskan upaya ini. Mari ubah kebiasaan hidup menuju ramah lingkungan, mulai dari menggunakan botol minuman dari pada membeli air dalam kemasan, membawa tas belanja sendiri dari rumah daripada mendapat kantong kresek dari pasar, menjadi anggota bank sampah serta kreatif mendaur ulang sampah menjadi barang bermanfaat,” pesan bupati dilanjutkan kegiatan tanam pohon.
Peringatan Hari Bumi 2018 kali ini juga dimeriahkan beberapa lomba menarik yang diikuti siswa SMP se-Kabupaten Mojokerto. Seperti yang dilaporkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto, Zainul Arifin, dalam laporan sambutannya.
“Hari ini kita juga menggelar berbagai kegiatan dengan peserta siswa SMP se-Kabupaten Mojokerto. Antara lain lomba melukis poster yang diikuti 162 siswa dan lomba karya nyata daur ulang plastik yang diikuti 243 siswa,” urai Zainul.
Hadir juga dalam acara ini Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Yayuk Pungkasiadi, Kepala OPD serta camat.(wo)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Ketua DPRD Kab. Blitar : Membangun Blitar Selatan Dibutuhkan Perencanaan yang Khusus dan Spesifik

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Jember

Pariwara

KH Gus Mas Shulton Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Pariwara

Literasi Digital Kota Madiun

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Bondowoso

Pariwara

Pengambilan Sumpah Jabatan Perangkat Desa Tengger kidul kec. Pagu

Pariwara

Iklan Ucapan HUT RI Ke-76, PDAM Sidoarjo

Pariwara

SMAN 2 Sidoarjo Mengucapkan Selamat Dirgahayu RI Ke-77