Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Rabu, 25 April 2018 - 16:33 WIB

Sidoarjo Raih Skor Tertinggi Tingkat Nasional Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Sidoarjo ( Sekilasmedia.com )
Peringati Hari Otonomi Daerah, pemerintah menganugerahkan sejumlah penghargaan dan apresiasi kepada daerah dan kepala daerah yang berprestasi. Selain sebagai reward atas keberhasilan, penghargaan itu diharapkan dapat jadi pemicu agar semua daerah unjuk keberhasilan.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22, yang jatuh pada 25 April ini, akan menjadi hari bahagia bagi para kepala daerah yang berprestasi.

Terutama Kabupaten Sidoarjo menjadi tamu kehormatan karena terpilih sebagai daerah dengan “Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah” tertinggi nomor 1 ditingkat nasional dengan skor 5926 dengan predikat ST (Sangat Tinggi). Sebelumnya pada 2017 Sidoarjo meraih penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha.

Oleh Kemendagri Sidoarjo dijadikan contoh bagi daerah lain agar pencapain kinerjanya bisa meningkat lebih baik lagi.

Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia turut hadir termasuk Bupati Sidoarjo Saiful Ilah tampak hadir pada malam apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke – 22 di Hotel Sultan, Jakarta Rabu, (25/4).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono menyampaikan, tahun ini Peringatan Hari Otonomi Daerah mengambil tema “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Bersih dan Demokratis”. Tema tersebut merupakan penjabaran dari semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Sumarsono menjelaskan, dalam tema ini kata bersih dan demokratis sengaja diberi penekanan. Hal itu bukan tanpa alasan. “Kami tak ingin lagi mendengar adanya kasus-kasus korupsi yang melanda kepala daerah. Pada saat yang sama, kami juga ingin agar semua pemerintah daerah memberikan dukungan dalam pelaksanaan Pilkada Langsung 2018 maupun tahapan-tahapan menuju Pemilu 2019,” ujarnya

Pada kesempatan yang sama Bupati Saiful Ilah mengatakan meski Sidoarjo sudah meraih penghargaan tertinggi dan dijadikan tamu kehormatan oleh Kemendagri, Ia menekankan kepada jajarannya kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk menjaga prestasi yang sudah diraih.

Meski mendapat penilaian sangat tinggi dengan skor paling tinggi secara nasional kinerja tetap harus ditingkatkan.

Saiful Ilah menambahkan bahwa Kemendagri membuat tiga indikator dalam penilaian kinerja pemerintah daerah, pertama dilakukan verifikasi lapangan, kedua responsif pemerintah daerah dan ketiga kepuasan masyarakat.

Indikator pencapaian kinerja daerah berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016.

Pada kesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo meluncurkan aplikasi Mesiotda Chat atau M-Chat yaitu terobosan teknologi komunikasi berbasis E-Goverment dan instrumen koordinasi pusat daerah sebagai bagian dari media interaksi otonomi daerah. (Kominfo/yun/sud)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Trenggalek

Pariwara

Tarik Minat Pencoblos, Polres Pasuruan Gunakan Program “MARKIBLOS MARKIPLUS”

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Jombang

Pariwara

Anha Gelar Halal Bihalal dan Reuni di Setigi: Turut Peduli Pulihkan Ekonomi Lewat Sektor Pariwisata Pasca Pandemi

Pariwara

Gedung Rawat Inap Anak dan Ruang Bedah RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Memiliki Fasilitas dan Penanganan Modern

Pariwara

MENDAGRI: BERIKAN AMANAT DAERAH HARUS LEBIH INOVATIF DALAM MENJALANKAN OTONOMI YANG BERSIH DAN DEMOKRATIS

Pariwara

Dewan Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Walikota 2017

Pariwara

SD Negeri Model Banyuwangi Berbagi 3 Ekor Sapi Dan 8 Ekor Kambing Di Hari Raya Idul Adha 1439.