Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Hukum

Rabu, 2 Mei 2018 - 13:07 WIB

Upah Dibawah UMK, Buruh PT MMII Mengadu Ke Disnaker.

Ft. Waras sari mulyo LSM LPR

Mojokerto, Sekilasmedia. Com-Sejumlah 40 buruh pabrik PT Multi makmur indah industri ( MMII) yang berada dijalan raya Desa Sekargadung Kacamata Pungging Kabupaten Mojokerto,  terpaksa harus mengadu ke kantor Dinas tenaga kerja Kabupaten Mojokerto pasalnya 40 buruh PT MMII yang dipegang jasa tenaga kerja oleh PT Kries Family Jaya telah menyimpang dari UU perburuhan yakni telah membayar upah dibawah Upah minimum Kabupaten (UMK).

Sejumlah 40 buruh ini saat mengadu ke Kantor Disnaker langsung didampingi oleh Sekretaris LSM-LPR (Lembaga pemberdayaan Masyarakat) yakni Waras sari mulyo.

Menurut Waras pabrik tersebut dalam menjalankan aktivitas ketenagakerjaan banyak yang menyimpang dari UU no 13 tahun 2013, seperti soal pembayaran upah dibawah UMK maupun karyawan  tidak diikutkan BPJS, padahal itu wajib,” ungkap Waras.

Ditambahkan Waras,  bahkan diperjanjian kerja pada pasal III tidak mencantumkan besarnya upah,  status pekerja juga tidak jelas,  fakta yang ada adalah pekerja borongan padahal faktanya pekerja dikerjakan harian, ” artinya perjanjian kerja tak sesuai dengan kenyataan,” ungkap waras.

Masih kata waras, dalam perjanjian kerja juga tidak menyantumkan BPJS padahal ini kewajiban yang harus dilakukan pihak pengusaha,  apalagi yang dikerjakan adalah pekerjaan berupa barang berat seperti plat/seng,” jelas Waras.

Lebih lanjut waras mengatakan,  pihaknya bakal mengawal persoalan 40 buruh ini hingga terpenuhi tuntutanya, sebab apa yang dilakukan pabrik adalah sebuah pelanggaran UU Perburuhan, Tandasnya. (wo)

Share :

Baca Juga

Hukum

Polres Blitar Kota berhasil Ungkap 8 Kasus Narkoba Dengan 9 Tersangka

Hukum

Satnarkoba Polres Jombang, Gagalkan Peredaran 23 Paket Sabu Kemasan Jajan dan Permen
Dinilai Rugikan Nasabah Hingga Milyaran Rupiah, KSU Mitra Perkasa Disomasi Pengacara

Hukum

Dinilai Rugikan Nasabah Hingga Milyaran Rupiah, KSU Mitra Perkasa Disomasi Pengacara
Generasi Optimis Indonesia Akan Lapor BPKN & Ombudsman, Ganjil Genap Langgar UU

Hukum

Generasi Optimis Indonesia Akan Lapor BPKN & Ombudsman, Ganjil Genap Langgar UU

Hukum

Ngawur… !!! Tumpukan Karung Limbah B3 Dibuang Sembarangan Di Trawas

Hukum

Polda Jatim Ungkap Perdagangan Wanita, 5 Tersangka Diamankan

Hukum

Tipu Puluhan TKI Berangkat Ke Jepang, IRT di Jembrana Dipenjarakan

Hukum

Pemeriksaan KPK Pada Para Petinggi Di Kab. Mojokerto, Jadi Incaran Wartawan.