Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Sabtu, 5 Mei 2018 - 12:43 WIB

Babinsa Koramil Jatirejo Dampingi Petani Panen Padi & Pemupukan

Mojokerto.(Sekilasmedia. Com)  – Kegiatan pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan para Babinsa Kodim 0815 Mojokerto hingga kini masih berlangsung tidak terkecuali Babinsa Koramil 0815/15 Jatirejo Serma Bahruddin Yuslam yang melakukan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan seluas 1,7 hektar milik Anang, Poktan Budi Karya 1, Dusun Gebangsari Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (05/05/2018).

Pemupukan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanaman, memberikan nutrisi untuk tanaman, dan memperbaiki kulaitas serta kuantitas tanaman. Pemupukan ini sangat berperan dalam menentukan keberhasilan produksi tanaman padi.

Selain itu, pemupukan yang dilakukan pada fase perawatan tanaman padi merupakan langkah proaktif dalam mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi. Idealnya para petani melaksanakan pemupukan ini secara serentak guna penanggulangan hama padi bisa berjalan efektif.

Menurut Serma Bahruddin Yuslam, sebagian besar para petani sudah memahami mengenai pemupukan tanaman padi yang tepat termasuk ukuran atau dosis takarannya serta waktu yang tepat sesuai fase-fasenya, mulai padi berumur satu minggu, dua puluh hari hingga padi berumur satu bulan.

Namun tentunya cara penggunaan pupuk yang benar dan tepat juga harus dipahami sehingga tanaman padi dapat menerima nutrisi dari pupuk secara maksimal.  Sebaliknya bila tidak tepat dalam penggunaan pupuk, maka akan menyebabkan timbulnya hama atau penyakit. 

“Untuk itu diharapkan para petani tidak sungkan untuk meminta arahan kepada PPL setempat, dan Babinsa akan selalu melakukan pendampingan terhadap petani mulai pengolahan lahan hingga masa panen”, ungkapnya. 

Masih di wilayah Jatirejo, kegiatan pendampingan juga dilakukan oleh Serda Husaini, di areal persawahan milik H. Munif, Poktan Tani Mulyo, Dusun Semambungan, Desa Sumberagung.   Di lahan seluas 2,2 hektar ini panen padi diperkirakan mencapai 8 ton per hektar, berarti dalam 2,2 hektar hektar didapat gabah seberat 17,6 ton.

Share :

Baca Juga

Daerah

PMI KAB.LUMAJANG MENGUTAMAKAN BLOOD JEK.

Daerah

Kunjungi Kota Mojokerto, Khofifah Minta Pelaksanaan Sholat Ied 1442 H Tetap Patuhi Prokes

Daerah

Polres Gerebek Rumah Pengedar Sabu di Menganti

Daerah

Platform Jual Beli Online Hasil Karya Anak Batu Dapat Apresiasi Dari Walikota

Daerah

Walikota Probolinggo Dukung TNI Polri Ungkap Dalang Aksi Rusuh 22 Mei di Jakarta

Daerah

Ribuan Botol Minuman Keras, Barang Bukti Narkotika, serta Knalpot Brong Dimusnahkan Di Polres Pasuruan

Daerah

Ajang Putra Putri Nusantara 2023 Sumsel Lahirkan Anak Muda Potensial

Daerah

Pemkab Mojokerto Berikan Bantuan 38 Miliar Untuk 99 Desa