Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Pariwara

Jumat, 25 Mei 2018 - 09:47 WIB

Babinsa Sawo Jetis Bantu Pengairan Sawah Poktan Parikesit

Mojokerto.(Sekilasmedia. Com) –Curah hujan yang kian hari semakin berkurang mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Desa Sawo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, kekurangan pasokan air.  Kondisi ini membuat para petani harus bekerja keras untuk mengatasinya agar tanaman padinya tetap hidup.  Salah satu solusinya dengan melakukan pengairan menggunakan diesel pompa air dari sumur bor yang ada di areal pertanian. 

Seperti yang dilakukan kelompok tani (Poktan) Parikesit, Dusun Jeruk Macan Desa Sawo Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, melakukan pengairan lahan sawah milik Solikin seluas satu hektar, dengan menggunakan diesel pompa air, Kamis (24/05/2018). Kegiatan pengairan sawah tersebut didampingi Babinsa Sawo Koramil 0815/07 Jetis Serda Edi Purwono. 

Saat di lokasi Serda Edi Purwono menyampaikan bahwa tanaman padi varietas Ciherang di areal seluas satu hektar milik Solikin, anggota Poktan Parikesit, saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air, apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian.

Masih menurut Serda Edi Purwono, saat musim kemarau tiba kita tidak bisa mengandalkan irigasi pertanian, namun harus mengairi lahan sawah secara mandiri dengan menggunakan mesin diesel pompa air sehingga tanaman padi tidak mengalami kekurangan air. “Bila kebutuhan air pada tanaman tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian”,  jelasnya.(wo/dim)

Share :

Baca Juga

Pariwara

SBSI Jatim Dan KSPI Prihatin Petani-Buruh Terpuruk, PRESIDEN JOKOWI DIMINTA LEBIH PRO RAKYAT

Pariwara

KEPALA BIRO MEMO TIMUR LUMAJANG H.KHURUL FATONI ADAKAN TEMU KANGEN UNTUK JALIN SILATUROHMI DIRUMAH MAKAN ANATAR MEDIA

Pariwara

Sejumlah 83 Pejabat Kota, Dimutasi

Pariwara

Bupati Asahan H. Surya Bsc bersama Wabup Asahan meninjau pelayanan KB Medis Operasional Wanita (MOW) di Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang

Pariwara

Seru…! Nyantai Di Niskala Lounge Aston Mojokerto 

Pariwara

Padepokan Tlasih 87, Gelar Kejuaraan Pencak Silat Se Kab/Kota Mojokerto.

Pariwara

Mancing Bersama Paslon Bupati No Urut 2

Pariwara

Hadiri Wisuda Poltekkes Kemenkes Palembang, Ratu Dewa Ingatkan Perkuat Dengan Kompetensi Diri