Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 24 Agustus 2018 - 04:23 WIB

Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Bagikan 100 Akta Kelahiran Gratis

Sidoarjo Sekilasmedia.com
Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Peduli Terhadap Hak Sipil anak dalam rangka Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Ke-66 tahun 2018, yakni berupa terobosan menyerahkan 100 akta kelahiran secara gratis bagi anak-anak yang belum mempunyai akte kelahiran dari kalangan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Sidoarjo, pada Jum’at (24/8/2018).

Penyerahan akta kelahiran ini dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo Drs. Medy Yulianto, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Ny. Ika Himawan Bayu Aji, dan seluruh Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo.

“Akta kelahiran ini sudah mulai diurus sekitar sejak beberapa bulan lalu. Ada sekitar 100 akta yang dibuat secara kolektif, kerja sama dengan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo serta Polresta Sidoarjo dan Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo, akta Kelahiran sangat penting sebagai identitas seseorang,” tutur Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Dengan adanya pembuatan akta gratis ini, Kapolresta Sidoarjo dan Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo berharap dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas. Adanya akta juga bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan yang memerlukan identitas seperti sekolah hingga bekerja kelak.

“Upaya ini juga merupakan wujud kepedulian Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo dengan persoalan yang ada, di mana masih terdapat anak-anak yang belum memiliki akte kelahiran,” ujar Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Ny. Ika Himawan Bayu Aji.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 35 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, disebutkan Akta Kelahiran merupakan identitas seseorang setiap anak yang harus diberikan sejak kelahiran setiap anak.”pungkasnya ( sud )

Share :

Baca Juga

Daerah

Ratusan Personil TNI-Polri Hingga ASN dan Masyarakat Umum Ikuti Vaksin Booster di Mapolres Bangkalan

Daerah

Pesan Bupati Sidoarjo di Musyda Ke-12 Aisyiyah

Daerah

First Landing Bandara Internasional Dhoho Diawali Citilink, Mas Dhito : Maskapai Lain Jangan Sampai Menyesal

Daerah

Awali Hari Pertama Puasa, Pondok Pesantren Refah Islami Gelar Ikhtibar Hifdhil Qur’an 

Daerah

BUPATI TANDA TANGANI MoU DENGAN EMPAT RS SWASTA.

Daerah

Bupati Sidoarjo Minta Rapat-Rapat Dikurangi, Fokus Pada Percepatan Pembangunan

Daerah

Dirut PDAM Berharap Agar Banyak Masyarakat Gresik Yang Terlayani

Daerah

Lapas Lamongan Bekali WBP Perempuan Layanan Pembinaan Keagamaan Dan Konseling Dari Kemenag