Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 8 September 2018 - 14:28 WIB

Dukung Peringatan Tahun Baru Islam, Babinsa Pronojiwo Amankan Gerak Jalan Muslim

Lumajang ,sekilasmedia com- (8/9/2018), Dalam rangka mendukung dan mensukseskan datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Babinsa Pronojiwo Koramil 0821/14 Pronojiwo bersama dengan Babinkamtibmas Pronojiwo melaksanakan pengamanan gerak jalan muslim yang dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah Dusun Darungan Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Sabtu (8/9/2018).

Pelaksanaan kegiatan gerak jalan muslim yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Miftahul Jannah ini diikuti oleh sebanyak 30 orang jamaah masjid dan Santri TPA Miftahul Jannah dan akan menempuh perjalanan dengan jarak 4 Km menuju SMP islam Prpnojiwoyang diawali terlebih dahulu dengan pembacaan doa bersama.

Sebelum memberangkatkan peserta H. Ponimin, Ketua Takmir Masjid Miftahun Jannah mengatakan bahwa pelaksanaan gerak jalan muslim ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun guna menyambut Tahun Baru Islam.

“Tidak hanya di masjid ini saja pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan tetapi gerak jalan muslim ini juga dilaksanakan oleh Takmir-takmir masjid di Desa Pronojiwo karena ini sudah menjadi tradisi saat datangnya 1 Muharrom,” tambahnya.

“Diharapkan dengan pelaksanaan ini para santri dapat lebih mengenal hari besar Agama Islam serta silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah dapat terjalin lebih erat,” harap H. Ponimin.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ida Nuraini selaku kepala desa setempat, bahwa gerak jalan muslim ini merupakan merupakan adat dan kebiasaan masyarakat Desa Pronojiwo untuk memperingati Tahun Baru Islam dengan tujuan untuk mensyiarkan agama Islam dan mempererat silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah di masyarakat.

Sementara itu Serka Murdiono, Babinsa setempat juga mengatakan bahwa peran aktuf babinsa sebagai anghota TNI dalam kehiatam kemasyarakatan seperti ini merupakan wujud jepedulian TNI terhadap masyarakat dalam beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya.

“Kegiatan seperti ini juga merupakan sarana komunikasi sosial dengan komponen masyarakat untuk lebih dapat mendekatkan diri dengan rakyat sehingga tercipta kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” lanjutnya.

“Semoga pelaksanaan gerak jalan muslim ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar agar dapat menjadi motivasi bagi takmir-takmir masjid yang lain untuk mengadakan kegiatan yang lebih meriah lagi dalam menyambut hari besar agama Islam seperti 1 Muharram ini,” Serka Murdiono tuturnya (LKT)

Share :

Baca Juga

Daerah

Babinsa Sidorejo Bersama 4 Pilar Desa Suntik 36 Ekor Sapi

Daerah

Satpol PP Kota Blitar Laksanakan Tes Urine

Daerah

Kompol Agus Pristiono SH MH Tim Itwasda Polda Sumut Lakukan Was Ops Patuh Toba 2022 di Polres Asahan

Daerah

Datang ke Ponpes Miftahul Ulum, Kapolres Lumajang : Perkuat Silaturahmi dan Sinergi Polri Dengan Para Ulama

Daerah

*Danramil 0815/10 Bangsal Hadiri Minlok Lintas Sektor *

Daerah

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Wakapolres Pasuruan Pimpin Upacara

Daerah

Pelantikan JMSI Jatim, Wagub Emil Ajak Ciptakan Ruang Digitalisasi yang Kondusif

Daerah

Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Pemkot Mojokerto Lakukan Kerjasama Dengan Konsorsium Perusahaan Jepang