Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:09 WIB

LANGKAH BPJS KESEHATAN TINGKATKAN AKURASI DATA PBID DAN SOSIALISASI PERPRES NOMOR 82 TAHUN 2018

 

MOJOKERTO,Sekilasmedia.com– Sebagai upaya dalam meningkatkan akurasi data masterfile kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya pada segmen kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai melalui anggaran pemerintah daerah atau APBD, BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto menggelar kegiatan pertemuan pemuktahiran data (rekonsiliasi) Peserta PBI yang berasal dari Pemerintah Daerah dan Sosialisasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan pada Kamis (29/11).

Pertemuan yang dihadiri Sekretaris Daerah/perwakilan, instansi Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten dan kota Mojokerto serta kabupaten Jombang, wilayah kerja Kantor Cabang Mojokerto tersebut, diselenggarakan di Trawas Kabupaten Mojokerto.

Dengan didampingi oleh jajaran Kepala Bidang dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Dina Diana Permata hadir dan memimpin kegiatan Rekonsiliasi Data PBID dan sosialisasi Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 tersebut menyampaikan tentang latar belakang pertemuan tersebut diadakan.

“Rekonsiliasi data dilakukan untuk saling melakukan pemadanan data sehingga didapatkan kondisi data yang update dan akurat. Kami harapkan ketika ada mutasi peserta agar tetap ada hitam di atas putih sehingga lebih mudah dilakukan rekonsiliasi. Dengan dukungan pihak Pemerintah Daerah untuk mengintegrasikan masyarakatnya ke dalam PBID, selain ikut mendukung tercapainya Universal Health Coverage (UHC) serta bentuk komitmen Pemerintah Daerah terhadap perlindungan kepada masyarakat atas jaminan sosial dan kesehatan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu,” terang Dina.

Selain kegiatan Rekonsiliasi, dalam kesempatan yang sama BPJS Kesehatan juga menggelar Sosialisasi tentang Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan perlu bersinergi dengan para pemangku kepentingan utama, terutama Pemerintah Daerah untuk bekerja sama mengoptimalkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, sumber daya manusia serta mengalokasikan anggaran.

“Dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Pasal 99 menjelaskan bahwa pemerintah daerah wajib mendukung penyelenggaraan Program JKN-KIS. Dukungan Pemerintah Daerah dilakukan melalui peningkatan pencapaian kepesertaan di wilayahnya, kepatuhan pembayaran Iuran, peningkatan pelayanan kesehatan serta kontribusi 37,5% dari realisasi penerimaan pajak rokok bagian hak masing-masing provinsi/kabupaten/kota. Turunan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 yakni melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128/PMK.07/2018 tentang Tata Cara Pemotongan Pajak Rokok Sebagai Kontribusi Dukungan Program Jaminan Kesehatan,”tutur Dina.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli berpendapat seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak – pihak terkait harus ikut berperan aktif dan berkontribusi dalam optimalkan penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS).

“Kita semua harus saling koordinasi dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan karena sesuai dengan amanat UUD 1945 bahwa ini adalah program negara yang harus kita sukseskan,” jelas Jazuli.

Sebagai informasi, cakupan kepesertaan program JKN-KIS di Kantor Cabang Mojokerto sampai dengan akhir bulan November 2018 tercatat sebanyak 1.721.834 jiwa atau sebesar 65,23 % dari total penduduk kabupaten dan kota Mojokerto serta Kabupaten Jombang sebanyak 2.639.665 jiwa. (s4)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Pariwara – Iklan

Pariwara

Segenap Keluarga Besar Djoeragan Asap Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Lamongan

Pariwara

MENYAMBUT HARI RAYA IDUL ADHA 1439/2018 BUPATI TAKBIR BERSAMA DI MASJID AGUNG

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Bondowoso

Pariwara

Iklan Ucapan Hari Pers Nasional 2021

Pariwara

Guna Mendukung Penataan Rehabilitasi Pasar Baru, Pemkab Magetan Bagikan Gerobak bagi PKL

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Sidoarjo