Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Kriminal

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:22 WIB

Modus, Menipu Ngaku-Ngaku Sebagai Caleg DPR RI .

Surabaya, Sekilas media com – Penipuan dengan modus sebagai anggota Caleg DPR RI dari Partai Perindo terjadi di wilayah Polsek Tandes Surabaya. Aksi tipu-tipu itu dilakukan pelaku M. Rizal sejak Sabtu (1/12) lalu. Ceritanya, saat itu pelaku datang ke depan Balai RW 07 Balongsari. Di sana pelaku bertemu dengan korban yang menjabat sebagai Ketua RW setempat.

Dalam pertemuan tersebut pelaku dan korban bicara ngalor ngidul. Setelah itu pelaku kemudian menawari korban untuk bantuan pavingisasi di lingkungannya. “Bukan hanya pavingisasi saja, pelaku juga menjanjikan akan membangun gedung serba guna di lingkungan korban jika dirinya nanti terpilih sebagai anggota DPR RI,” beber Kapolsek Tandes, Kompol Kusminto, SH, Rabu (19/12) Siang.

Dalam pertemuan tersebut dimanfaatkan pelaku untuk berbincang-bincang dengan pria yang juga sebagai PNS staf TU  salah satu SMP di Sambikerep. Lelaki  asli Kelahiran Surabaya itu mengaku sebagai caleg DPR RI nomor 2 dari salah satu Partai Daerah Pilihan (Surabaya-Sidoarjo).

kapolsek mengatakan bahwa selasa itu juga pelaku kembali menghubungi korban melalui telepon dan meminta lagi uang Rp 3 juta. Namun korban saat itu hanya menyanggupi akan memberi Rp 1 juta. Korban yang sudah curiga, lalu menghubungi Bhabinkamtibmas kelurahan setempat untuk diminta membantu menangkap pelaku.

Setelah uang Rp 1 juta diserahkan ke pelaku, pelaku langsung ditangkap Bhabinkamtibmas,” tutur Kapolsek Tandes, Kompol Kusminto, SH perwira menengah dengan satu melati di pundaknya. Tanpa panjang lebar pelaku beserta barang bukti dibawa ke Mapolsek Tandes untuk penyidikan lebih lanjut.

Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Ancaman hukumannya empat tahun kurungan penjara,” tutur Kapolsek Tandes, Kompol H. Kusminto, SH.
( Eko )

Share :

Baca Juga

Kriminal

JEMBER” MASYARAKAT TAK NYAMAN DENGAN MARAKNYA DEBTCOLLECTOR LIAR

Kriminal

Polisi  Amankan Tujuh Tersangka Pelaku Pengeroyokan Antar Kelompok di Sidoarjo

Kriminal

POLISI TO BENDESA ADAT TONJA

Kriminal

MANTAN OKNUM ANGGOTA SAT TAHTI POLDA JATIM DIHAJAR MASSA
Setelah TO, Akhirnya Dalam Sehari Polres Lumajang Berhasil Mengamankan Lima Pengedar Narkoba

Kriminal

Setelah TO, Akhirnya Dalam Sehari Polres Lumajang Berhasil Mengamankan Lima Pengedar Narkoba

Kriminal

Polisi Amankan Truk Tangki BBM ‘Kencing’ Sembarangan dan Segel SPBU

Kriminal

Satreskrim Polresta Sidoarjo Ungkap Kasus Pengeroyokan Anak Bawah Umur di Gedangan

Kriminal

Pelaku Pencuri Mesin Diesel Yang Sempat Menjadi DPO, Kini Sudah Berhasil Diamankan