Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 25 Desember 2018 - 15:11 WIB

Hotel Bintang Lima, 2019 Wajib Kantongi ISO 9001

Badung Bali,Sekilasmedia.com –
Aksi bersih bersih di Pantai Nusa Dua, oleh ITDC dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, bersama beberapa komponen masyarakat, belum lama ini, dibarengi dengan menanam pohon langka, tepatnya di Pulau Nusa Dharma dan sekitarnya.

Kepala DLHK Badung, Putu Eka Merthawan, menyampaikan, sangat apresiasi karena telah dilibatkan untuk membersihkan lingkungan. Dia juga  mengucap terima kasih kepada OJK yang  menyumbang 1.000 pohon.

” Kalau bisa ditambah supaya menjadi jutaan pohon yang  ditanam, ” ucapnya.

Eka juga memuji ITDC yang masih terus berinovasi. Bahkan berjanji akan terus menggenjot pariwisata pro lingkungan bersama ITDC. Terlebih untuk tahun 2019 nanti, dimana semua hotel bintang lima pengolahan limbahnya wajib memenuhi ketentuan ISO 9001.

Selain itu, pada tahun 2019 instansinya juga akan menyasar pengolahan limbah B3, ternasuk sampah hasil rumah sakit. Program yang akan dijalankan itu, sebagai komitmen untuk menjaga pariwisata dan lingkungan di Bali agar tetap terjaga sebaik mungkin.

Sebab, ISO 9001 tersebut menyangkut manajemen pengelolaan yang  berkelanjutan, dan itu akan dijadikan standar oleh komponen pariwisata lain untuk bersaing. Jika ada yang perlu dengan instansinya, Eka menyebut cukup dikontak via aplikasi Whatsapp, maka timnya akan bergerak.

” Semakin banyak hotel yang mempunyai ISO 9001, maka pariwisata Badung dan Bali akan semakin diperhitungkan. Saya apresiasi ini, pohon waru yang ditanam termasuk pohon langka harus berlanjut, ” tutupnya.

Sementara, Managing Director ITDC Nusa Dua, Wayan Karioka, menyambut positif apa yang disampaikan Eka Merthawan, sekaligus berterima kasih atas partisipasi DLHK Badung. Dia juga mengklaim sebenarnya hotel di ITDC selama ini sudah melakukan pengolahan limbah dengan baik, tinggal menyesuaikan saja apakah sudah masuk atau belum standar ISO 9001.

Menurutnya, daerah tujuan wisata merupakan tulang punggung perekonomian Bali. Sehingga pariwisata sangat terkait bagaimana memelihara lingkungan. Hal ini  sesuai kearifan lokal yang ada melalui Tri Hita Karana yang menjadi napas masyarakat Bali, yakni bagaimana menjaga lingkungan.

” Tiap tahun ada inovasi, ini membantu kami menjaga kawasan wisata dengan baik. Mudah-mudahan langkah ini dapat bermanfaat bagi generasi kita dan pariwisata Bali khususnya, ” tandasnya.

Dipihak lain, Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi, Perlindungan Kunsumen dan Kemitraan Pemda OJK Regional VIII Bali Nusra, Handi, menambahkan, jika aksi bersih-bersih dan penanaman pohon ini adalah bentuk menjaga palemahan atau lingkungan yang lebih baik.

” Ini tindak lanjut komitmen kami saat pelaksanaan IMF- World Bank menyumbang 1.000 pohon yang  ketika itu diawali secara simbolis 20 pohon, ” pungkasnya. (son)

Share :

Baca Juga

GM FKPPI Pusat Organisasi Candradimuka, Generasi Kader Bangsa

Daerah

GM FKPPI Pusat Organisasi Candradimuka, Generasi Kader Bangsa

Daerah

Bupati Yani Apresiasi Program  10 Ribu  Dosis  Vaksin Dari BPP HIPMI

Daerah

Tim Supervisi SBB Polda Jatim Tinjau Pos Yan Polres Gresik Bertema Masjid

Daerah

Peringati HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Gresik Gelar Lomba Masak Antar PJU

Daerah

Bersama Forkopimda Dandim 0815 Tinjau Posko Induk Gugus Tugas Covid-19

Daerah

Resmi Safrulla Lubai, S.Psi Terpilih Jadi Ketua IWO Kota palembang Periode 2023-2028

Daerah

Kapolres Pasuruan Pimpin Upacara Korp Raport Sekaligus Pemberian Reward Anggota Polri Dan Masyarakat

Daerah

Cegah Penyebaran COVID-19, Lakukan Deteksi Secara Massif