Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 29 Januari 2019 - 06:22 WIB

Ning Ita Sampaikan Upaya untuk Menjaga Kerukunan Masyarakat

 

Mojokerto, Sekilasmedia. Com-Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari pada Senin malam (28/1) membuka Rapat Koordinasi Penanganan Konflik Sosial yang digelar oleh Bakesbangpol Kota Mojokerto. Acara dilaksanakan selama 3 hari Senin-Rabu (28-30/1) di Hotel Raden Wijaya Convention Hall, Kota Mojokerto.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Anang Fahruroji menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini mengambil tema penekanan konflik sosial. “Pandangan sosial harus kita lakukan sedini mungkin dengan melibatkan seluruh warga Kota Mojokerto utamanya RT, RW, Babinsa dan Babinkamtibmas. Karena ditangan tangan beliaulah deteksi dini akan segera teratasi,” kata Anang.

 Lebih lanjut Anang menyampaikan bahwa menjelang Pilpres dan Pileg 17 April mendatang dibutuhkan kebersamaan serta menyamakan persepsi.  “Menyamakan persepsi diperlukan agar Pilpres dan Pileg betul-betul berjalan dengan cara menjaga stabilitas daerah,” ujar Anang.

 Ning Ita sapaan Wali Kota Mojokerto menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan undang-undang No. 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial. “Berbicara tentang konflik, bahwa ditahun politik ini tentu  upaya provokatif, penyebaraan berita hoaks , saling fitnah, saling hujat, marak kita baca dan kita dengar di medsos,” kata Ning Ita.

Dalam kesempatan ini Ning Ita berharap kepada semua peserta yang merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah Daerah agar ada upaya-upaya  ditingkat grassroot untuk mencegah agar tidak terjadi perpecahan dan konflik dalam menangani hal-hal yang bersifat provokatif dan hoaks yang dapat memecah persatuan dan kesatuan, memecah kerukunan dan persaudaraan.

“Jangan sampai hanya karena berbeda pilihan, sesama tetangga tidak ada lagi keakurandan keakraban. Hanya karena perbedaan calon yang diusung tidak ada lagi saling sapa,” harapnya. Ning Ita berpesan pada tahun politik semua warga Kota Mojokerto bersama-sama menjaga kerukunan dan mengantisipasi hal-hal yang mengakibatkan perpecahan.

Lebih lanjut Ning Ita menyampaikan bahwa salah satu upaya penting meminimalisir konflik adalah pendidikan karakter. “Seperti diketahui bersama, efek  kemajuan teknologi tidak dapat kita bendung, ada efek samping dengan meningkatnya kenakalan remaja, dimana remaja adalah aset penerus bangsa,” terangnya.

“Marilah kita bersama-sama  melalui sinergi ini kita dukung upaya untuk pembinaan dan pengawasan terhadap perilaku remaja dilingkungan kita,” kata Ning Ita. Ning Ita  juga menambahkan  para orang tua mempunyai tugas untuk mengawasi anak-anak dari pergaulan yang memungkinan indikasi kearah penyimpangan, terutama ditahun politik.

Ning Ita menjabarkan bahwa  remaja dengan pola pikir yang belum sempurna adalah target yang mudah dipecah belah dan diarahkan menjadi kader penyebar hoaks yang justru akan memecah belah persatuan dan kesatuan.

Rapat koordinasi penanganan konflik sosial akan diikuti oleh kurang lebih 900 orang, dengan peserta RT, RW, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kota Mojokerto. Pada hari pertama diikuti oleh Kecamatan Magersari dengan Nara Sumber Prof. Suko Widodo dari Unair dan Kasi Pidum Kejari Kota Mojokerto.

Hari kedua diikuti oleh peserta dari Kecamatan Kranggan dengan narasumber Danrem dan Kapolres Kota Mojokerto. Pada hari terakhir diikuti oleh peserta dari  Kecamatan Prajurit Kulon dengan nara sumber Dandim dan Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto. (wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tank Boat Termpur Yang Di Produksi PT Lundin Di Berinama “Antasena” Di Resmikan Menhan di dampingi Bupati Banyuwangi

Daerah

Bupati Asahan Buka Rakorpem Bulan Mei 2023
APBA 400M Untuk Simeulue, IPPELMAS Banda Aceh Apresiasi Pemkab Simeulue

Daerah

APBA 400M Untuk Simeulue, IPPELMAS Banda Aceh Apresiasi Pemkab Simeulue

Daerah

Bupati Pantau Dapur Umum Terpadu, Bagikan 1.500 Porsi Nasi Bungkus

Daerah

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, 4 Desa dan 6 Sekolah Di Gresik Raih Penghargaan
Pasca Pilkades Serentak, Tim Muspika Gampengrejo Gelar Cangkrukan Kamtibmas

Daerah

Pasca Pilkades Serentak, Muspika Gampengrejo Gelar Cangkrukan Kamtibmas

Daerah

Optimalisasi Aplikasi M-Paspor, Masyarakat Mendapat Kemudahan untuk Membuat Paspor

Daerah

PENGAJIAN 3 PILAR DIPIMPIN WAKAPOLRES LUMAJANG.