Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Peristiwa

Kamis, 31 Januari 2019 - 14:20 WIB

MASIH BANYAK PENGGUNA JALAN DIKOTA LUMAJANG YANG MELANGGAR LALIN

LUMAJANG, Sekilasmedia.com – Masih Banyak yang belum menyadari untuk kesadaran masyarakat pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat, pasalnya para pengendara jalan diwilayah hukum Lumajang masih banyak kurang taat terhadap peraturan lalu lintas.

Himbauan dari pihak yang berwenang, dalam hal ini Satlantas Polres Lumajang, belum ditaati secara maksimal oleh pengguna jalan tersebut.

Hal ini terlihat saat awak media melintas di jalan A Yani, Kota Lumajang, Jawa Timur, sebuah motor merk Kawasaki Ninja 250, berboncengan tanpa memakai helm. Motor tersebut juga tidak dilengkapi dengan kaca spion dan plat nopol.

“Kami tidak akan berhenti menindak tegas pelanggar seperti ini, tanpa helm, tanpa tnkb plat nomor, kenalpot brong, ini harus ditindak karena pelanggaran kasat mata,” kata Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri kepada awak media ini.

Menurut AKP Atma Giri, hal seperti itu bisa membahayakan pengguna jalan itu sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Terkait dengan tilang dengan memggunakan CCTV, kata AKP Atma belum bisa menjelaskan lebih gamblang dalam menerapkan tilang tersebut.

“Kami menunggu instruksi dari Pemda, mas,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, dari info yang didapat dari SekilasMedia.com. bahwa Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang mulai tahun 2016-2017 telah memasang 7 alat Area Traffic Control System (ATCS) disejumlah persimpangan.

Pada tahun 2018, Dishub juga telah menambah 3 ATCS untuk mendukung program smart city.

Melalui ATCS tersebut, Dishub bisa mengontrol lalulintas di sejumlah titik. Bahkan, pelanggaran lalulintas akan terekam secara jelas, baik pengemudi hingga plat nomornya.

Kata operator CCROOM Dishub Kabupaten Lumajang, Greta AY kepada wartawan menyatakan setiap hari ada sekitar 20 pelanggar lalu lintas yang terekam CCTV. Rata-rata pelanggaran meliputi tidak memakai helm dan menerobos lampu merah.

“Selama jam kerja kita catat nomor kendaraan yang melanggar mas. Rata-rata tidak pakai helm dan menerobos lampu merah,” ujar Greta, waktu itu.

Kadishub Kabupaten Lumajang, Sugeng Priyono, menyatakan keberadaan CCTV juga sangat penting untuk memantau kondisi macet. Jika sudah ada lokasi macet maka petugas dengan cepat menuju lokasi untuk melakukan pengaturan.

“Sangat berguna untuk memantau kemacetan lalulintas dan bisa juga merekam aksi kejahatan jalanan,” pungkasnya.(Shelor).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Ngerem Mendadak, Lima Truk Saling Tubruk

Peristiwa

Pom Mini Milik Warga Sukodono, Ludes Dilalap Si Jago Merah

Peristiwa

Penjualan Air Minum Merk Cleo Dipermainkan Distributor Abal – Abal .

Peristiwa

Polisi Buru Pembuang Bayi Dalam Kantong Plastik di Badung

Peristiwa

Papan Reklame Jl. Benpas Roboh Menimpa Pengendara, Inilah penyebabnya. 
Pemilik Toko Bangunan Tewas Dibunuh Anak Buahnya

Peristiwa

Pemilik Toko Bangunan Tewas Dibunuh Anak Buahnya

Peristiwa

Agus Tarmidzi Ketua ASKAB, Di Amankan Di Polres Banyuwangi

Peristiwa

Kebakaran Hebat Lalap 4 Gudang, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah