Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 20 Februari 2019 - 13:09 WIB

WABUP LUMAJANG BERKOMITMEN SELAMATKAN SUMBER MATA AIR

LUMAJANG, Sekilasmedia.com – Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., menyampaikan komitmennya, bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang bertekad melakukan penyelamatan sumber mata air. Misalnya, acara Reboisasi di Sumber Mata Air Kedung Nyonya, Desa Jeruk, Kecamatan Gucialit. Rabu (20/2/2019).

“Saya akan tetap berkomitmen untuk meyelamatkan sumber mata air. Pemerintah Kabupaten Lumajang akan bekerjasama terus dengan Pemerintah Provinsi dan seluruh organisasi masyarakat, seperti LSM, untuk menyelematkan sumber mata air di Kabupaten Lumajang,” ungkapnya.

Wabup meminta agar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang lebih berperan aktif terkait penyelesaian permasalahan konservasi lingkungan.

Wabup mengajak masyarakat turut serta dalam menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak melakukan penebangan pohon secara ilegal di sekitar sumber mata air. Peran masyarakat sangat diperlukan untuk keberlangsungan kehidupan dalam jangka panjang.

Ketua KPSPMAS Tirtosani, Sukirno mengatakan ada sekitar 56 desa di Kabupaten Lumajang yang sudah melaksanakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Pihaknya akan terus melakukan pemantauan debit air di beberapa wilayah pada musim kemarau.

Pada penghijauan kali ini, jenis bibit yang ditanam adalah pohon asem, bambu, dan pohon mores. “Kami berharap untuk 10 tahun ke depan sumber mata air terselematkan dengan penghijauan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jeruk, Atmo menyampaikan, adanya pansimas dan penghijauan di Desa Jeruk sangat bermanfaat untuk kehidupan masa depan masyarakat sekitar. (Maria).

Share :

Baca Juga

Daerah

Hasil Uji Laboratorium Air PDAM Bengkayang Aman dan Layak Konsumsi

Daerah

Korem 082/CPYJ Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

Daerah

Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke – 77, Anggota Polsek Tiris Lakukan Pengamanan Dalam Giat Gerak Jalan

Daerah

Ratusan Mobil Berbunga dan Parade Budaya, dalam menyambut Hari jadi Kota Surabaya

Daerah

Kabaharkam Polri Tinjau Sarana Prasarana Tempat Isolasi Terpusat YPPII Kota Batu

Daerah

Pilkades di Dua Wilayah Kecamatan Ngantang, Kapolres Batu Pastikan Aman

Daerah

Wabup Lakukan Audiensi Terkait Penemuan Situs Kumitir

Daerah

Kabupaten Blitar Siap Menjadi Bagian dari Ekosistem Digital melalui Kerjasama dengan STIKOSA AWS