Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 21 Mei 2019 - 02:16 WIB

Upacara Puncak Acara Peringatan HUT LEMHANAS Ke-54 Bertepatan Dengan HARKITNAS

Foto

Foto

Foto upacara saat puncak acara HUT LEMHANNAS RI

JAKARTA, Sekilasmedia.com – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang diperingati setiap 20 Mei, pada tanggal itu pula Lemhannas RI memperingati hari ulang tahun ke-54. Peringatan ulang tahun kali ini dilakukan di bulan suci Ramadan 1440 Hijriah. Momentum ini bagi keluarga besar Lemhannas RI dapat dimanfaatkan untuk melakukan introspeksi sehingga menjadi manusia yang lebih baik dalam segala hal. Dengan demikian kepercayaan dan amanah pendiri bangsa dalam memelihara semangat kebangkitan nasional serta nilai-nilai kebangsaan dapat dijaga.

Inilah mengapa Lemhannas RI diresmikan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 1965. Secara tersirat, jiwa dan semangat perjuangan Lemhannas RI adalah semangat kebangkitan nasional yang mampu mendorong bangkitnya kesadaran bersama untuk hidup bersatu dalam kebinekaan dan sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat.

Pada tahun ini serangkaian acara menyambut ulang tahun digelar, dimulai sejak 22 April hingga 20 Mei sebagai puncaknya. Rangkaian acara terdiri atas berbagai perlombaan, olahraga bersama, bakti sosial, ziarah, jam pimpinan hingga acara yang berpuncak pada upacara parade.

Tahun 2019 merupakan tahun kontestasi politik yang menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan. Pada 17 April 2019 lalu telah dilaksanakan pemungutan suara pemilihan umum presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif DPR RI, DPD RI, dan DPRD kabupaten/kota. Karena itu pula “Kebersamaan dalam Bhinneka Tunggal Ika Pasca-Demokrasi Tahun 2019” diangkat menjadi tema hari ulang tahun Lemhannas RI. Ini sesungguhnya merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab moril Lemhannas RI untuk mengawal pesta demokrasi.

Melihat situasi dan kondisi sepanjang tahun ini, telah terjadi berbagai dinamika politik di masyarakat, sejak masa kampanye hingga menuju hari pemungutan suara, bahkan sampai menjelang batas akhir waktu rekapitulasi penghitungan suara pada 22 Mei 2019. Banyak konflik dan pertentangan politik yang terjadi di kalangan masyarakat terkait dengan pemberian dukungan politik kepada salah satu calon anggota legislatif, terutama calon Presiden dan wakil Presiden.

Mulai dari perdebatan formal dan nonformal, penyebarluasan berita bohong (hoaks), penggiringan opini yang dimungkinkan terjadi dalam era pasca-kebenaran seperti sekarang inidan politik identitas turut mewarnai kontestasi politik di Indonesia.

Dengan situasi politik yang demikian kompleks di era demokrasi ini, perlu diingat kembali bahwa prinsip dalam demokrasi adalah saling menghargai dan saling menghormati dalam perbedaan. Selain itu perlu diingat kembali proses sejarah terbentuknya bangsa dan negara Indonesia yang terlahir dan berdiri justru karena perbedaan dan kemajemukan.

Inilah yang seharusnya dipahami dan disadari berbagai komponen bangsa sebagai wujud dari semangat sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Melalui tema ulang tahun kali ini dan dengan berpedoman pada semangat kebangkitan nasional, Lemhannas RI melalui peran dan fungsinya ingin merajut kembali kebersamaan setelah sebelumnya memiliki perbedaan pendapat dalam kontestasi politik, yang telah memberi tanda-tanda polarisasi dalam masyarakat.(put/tim).

Share :

Baca Juga

Daerah

SMA Semen Gresik Belajar Demokrasi Dan Kepemiluan di KPU
Bupati Pamekasan Lepas 352 Peserta Lomba Gerak Jalan HUT RI Ke - 74

Daerah

Bupati Pamekasan Lepas 352 Peserta Lomba Gerak Jalan HUT RI Ke – 74

Daerah

Ikuti Serangkaian Belah Jimat, Habib Hadi Mlaku Bareng Warga Mangunharjo

Daerah

Stikosa-AWS menyelenggarakan International Conference on Mass Media and Communication (ICMC) in Southeast Asia 2023

Daerah

Polresta Sidoarjo Giat Minggu Kasih Rumah Ibadah.

Daerah

Kecamatan Wonoasih Serukan Kampanye Zona Integritas WBK & WBBM

Daerah

Fasilitasi Kepentingan Warga Dengan Layanan PrimaSamsat Probolinggo Kota

Daerah

Hibur ODGJ, Polwan Polres Mojokerto Ajak Joget poco poco.