Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Nasional

Jumat, 5 Juli 2019 - 13:28 WIB

Viral, Foto Presiden Jokowi dan Donald Trump Muncul Saat Ketik “Monyet Cukur Rambut” di Google

viral foto jokowi muncul di google ketika ketik monyet cukur rambut

Tangkapan layar mesin pencari Google yang menampilkan foto Presiden Jokowi saat cukur rambut

Nasional, sekilasmedia.com – Munculnya foto Presiden Joko Widodo di mesin pencari Google ketika mengetikkan kata “Monyet cukur rambut” belakangan menjadi viral di media sosial.  Tak hanya foto Presiden Jokowi, dengan kata pencarian “Monyet cukur rambut” yang diketikkan di mesin pencari tersebut juga menampilkan foto Presiden AS Donald Trump.

Meski demikian, beberapa gambar lainnya memang menampilkan foto yang relevan, yakni monyet sedang dicukur rambutnya. Namun anehnya, diantara beberapa gambar terselip foto Presiden Jokowi yang juga sedang dicukur rambutnya di tempat terbuka.

Terkait dengan hal ini, beberapa sumber menyebutkan kesalahan ini bukan pertama kalinya. Seperti dikutip dari kompas.com, kesalahan serupa juga pernah terjadi tahun 2015. Ketika seseorang mengetikkan kata kunci “gorillas” (gorilla), ternyata juga menampilkan foto seorang lelaki berkulit hitam.

Atas kejadian itu, Google meminta maaf dan menyensor kata pencarian “gorillas” hanya untuk menampilkan gambar simpanse dan monyet saja. “Teknologi pelabelan masih sangat awal dan jauh dari sempurna,”tulis juru bicara Google kepada wired.

Sebenarnya, kesalahan algoritma seperti ini masih terbilang logis. Raksasa mesin pencari itu pun menggunakan aplikasi Google photos untuk mengelompokkan foto sesuai dengan kategorinya masing-masing. Dalam pengelompokkan itu Google menggunakan sistem pengelompokkan sesuai konten untuk memudahkan penggunanya saat melakukan pencarian.

Apalagi Google saat ini digunakan oleh 500 juta pengguna di seluruh dunia dengan berbagai tren yang berbeda-beda. Ketika tren pelabelan seseorang disamakan dengan konten lainnya, makan bisa jadi mesin pencari akan menganggapnya sebagai konten yang sama. (and)

 

SUMBER : kompas

Share :

Baca Juga

Nasional

Al-Hassanah Foundation Tegaskan, Kalau Megawati Kartini Politik Pilpres 2024

Nasional

Berbagi Bansos di Masa Pandemi Covid-19 Bersama Warga Indonesia Timur

Nasional

Presiden Siap Dikritik, Kapolri Akan Selektif Terapkan UU ITE

Nasional

Bupati Sergai Akui Warganya Positif Covid-19

Nasional

Waspada Hoaks Jelang Pilkada, JMSI Sejalan dengan Dewan Pers

Nasional

Kapolri Ingatkan Penurunan Level di NTB Harus Diimbangi Prokes yang Ketat 

Nasional

Dalam Islam, Melawan Negara secara Bersenjata adalah Makar dan Bughat

Nasional

Dirlantas Polda Jateng Prediksi Arus Balik Long Weekend Maulid Nabi 2020 Dipercepat