Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Tak Berkategori

Jumat, 26 Juli 2019 - 00:45 WIB

Sepanjang Pantai Timur Sidoarjo Dipenuhi Hektaran Tambak Bandeng

foto masakan dengan menggunakan ikan bandeng

foto masakan dengan menggunakan ikan bandeng

Tambak Ikan Bandeng Hektaran Dari Ujung Utara Sampai Selatan Pantai Timur Sidoarjo

foto masakan dengan menggunakan ikan bandeng

Sidoarjo, Sekilasmedia.com – Kabupaten Sidoarjo sudah dikenal oleh kalangan umum menjadi penghasil ikan Bandeng berkualitas tinggi. Ratusan hektar tambak Bandeng terdapat di pesisir Kabupaten Sidoarjo dari Utara yang perbatasan Kota Surabaya hingga selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan.

Ikan Bandeng oleh masyarakat bisa dijadikan berbagai makanan dan masakan. Mulai dari krupuk Bandeng, Asap-asap Bandeng, Otak-otak bandeng dan lain lain. Tingginya nutrisi yang terdapat di Ikan Bandeng menjadikan ikan ini menjadi favorit bagi masyarakat menjadi lauk pauk di meja makan sehari-hari.

Sehinga bermunculan rumah makan di sidoarjo yang menyuguhkan ikan bandeng sebagai menu utama. ikan bandeng tidak digoreng atau dibakar seperti olahan pada umumnya, namun ikan bandeng disini dijadikan steak bandeng tanpa duri.

Seperti rumah makan ‘Asap-Asap’ di kawasan Taman Pinang Sidoarjo. Ikan bandeng ukuran sedang diolah menjadi steak untuk memenuhi selera pasar.

Muhammad Ali pemilik rumah makan ‘Asap-Asap’ mengatakan ide membuat steak bandeng ini karena melimpah nya ikan bandeng di Sidoarjo. Selain itu dirinya ingin membuat variasi yang lain dari olahan bandeng. ” Bandeng di Sidoarjo sangat melimpah dan saya ingin membuat menu yang lain dari bandeng ini. Sudah bosan dengan digoreng atau dibakar maka saya buat steak,

Ikan bandeng yang dipilih ukuran 250 gram hingga 300 gram per ekor. Ikan bandeng ini pasokan dari daerah Kalanganyar Sedati yang dikirim sudah tanpa duri. Untuk bumbu, ikan bandeng direndam dalam air campuran kunyit,bawang putih,kemiri, dan garam. Tidak lupa jeruk nipis untuk menghilangkan amis pada ikan. Ikan lantas digoreng setengah matang lantas dibakar di atas hot plate hingga matang.

Untuk penyajiannya steak bandeng ini ditambah dengan sayuran wortel, jagung manis, buncis dan kentang dan diberi saus khusus untuk steak Bandeng. ” Saus untuk steak bandeng ini berbeda dengan saus steak pada umumnya. Disini kami memakai perpaduan 3 macam saus yakni saus barbeque, saus jamur dan saus panggang,” tambah Muhammad Ali.

Respon masyarakat Sidoarjo terhadap steak bandeng lumayan besar. Rata-rata perhari steak bandeng laku hingga 25-30 porsi. “Alhamdulillah steak bandeng saya lumayan laris. Tiap hari pasti ada yang beli steak bandeng disamping menu menu lainnya,

Sala satu pengunjung. Nur Aisyah warga Puri Indah Sidoarjo. Dirinya datang kesini untuk menikmati olahan steak bandeng yang lain dari pada yang lain. ” Aneh dan unik saja bandeng kok dijadikan steak, biasa nya kan digoreng atau dibakar saja. Tapi ini rasanya enak dan tanpa duri jadi kapan kapan mau ajak anak-anak kesini” kata Nur Aisyah.

Hal senada juga diungkapkan Al Ansori. Karyawan swasta ini menyempatkan makan siang ke ‘Asap-Asap’ untuk menikmati bandeng steak. ” Lumayan enak mas apalagi ikannya tanpa duri. Harganya pun juga gak mahal hanya 37 ribu rupiah per porsi,”bilangnya

Omset perbulan dari bandeng steak ini lumayan besar. Pemilik mengaku mendapatkan untung sekitar 5 hingga 6 juta rupiah per hari. Nah bagi kalian yang ingin mencoba variasi lain dari olahan ikan bandeng,maka tidak ada salahnya mencoba steak bandeng di Sidoarjo ini.( sud )

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Pemabuk Yang Nyungsep Ke Sawah,Sehinggah Motor di Temukan Seorang Petani.

TENTARAKU

Kompak !!! TNI-POLRI Selamatkan Masyarakat Dari ancaman Virus Covid-19
Menuju New Normal, Samsat Bangil Ajak Wajib Pajak Berjemur Cegah Covid 19

TENTARAKU

Semangat Babinsa Wonosalam Dampingi Dinas Peternakan Laksanakan Pengecekan Hewan ternak Aftopor Cegah PMK
Dinilai Rugikan Nasabah Hingga Milyaran Rupiah, KSU Mitra Perkasa Disomasi Pengacara

Hukum

Dinilai Rugikan Nasabah Hingga Milyaran Rupiah, KSU Mitra Perkasa Disomasi Pengacara

TENTARAKU

Jaga Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh Anggota Koramil 03/Tembelang Laksanakan Olahraga

Daerah

Puluhan Ulama di Kota Probolinggo Jalani Rapid Test Antigen COVID-19

TENTARAKU

Babinsa koramil 0814-16/Bareng dan Babinkamtibmas Monitoring Pembagian Beras Pemerintah