Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 17 Oktober 2019 - 04:08 WIB

PT. OLAM SUMBER MANIS Hadir Untuk Peduli dan Bersinergi Dengan Masyarakat Kaulon

foto PT. OLAM SUMBER MANIS Hadir Untuk Peduli dan Bersinergi Dengan Masyarakat Kaulon

foto PT. OLAM SUMBER MANIS Hadir Untuk Peduli dan Bersinergi Dengan Masyarakat Kaulon

PT. OLAM SUMBER MANIS Hadir Untuk Peduli dan Bersinergi Dengan Masyarakat Kaulon

foto PT. OLAM SUMBER MANIS Hadir Untuk Peduli dan Bersinergi Dengan Masyarakat Kaulon

 

Blitar, Sekilasmedia.com – Demi mewujudkan kepedulian dan bersinerginya dengan masyarakat PT OLAM SUMBER MANIS menyelenggarakan,” Bakti Kesehatan “,kegiatan Pelayanan Kesehatan cuma-cuma kepada masyarakat Desa Kaulon,kegiatan itu sendiri sebagai bentuk kepedulian perusahaan dengan masyarakat kaulon sehingga terjalin kimitraan dan kerjasama yang baik dan berkesinambungan,agar tercipta kerja sama yang sehat dan saling menguntungkan untuk kedua belah pihak,acara itu sendiri dilaksanakan Sabtu (14/9/19) .

Seperti yang disampaikan oleh Division Head of Plantation and Development PT OSM ,Rachmad Hariotomo ,”ini memang merupakan komitmen kami yang insyaallah akan membangun Pabrik Gula di Desa Kaulon.Dan dalam setiap langkah sosialisasi kami,selalu menyampaikan,bahwa Kami ingin selalu bersinergi dengan masyarakat Kaulon”.

“Karena perusahaan selain membangun pabrik, juga ingin turut berkontribusi untuk membangun kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat Desa Kaulon,serta membantu pemerintah Daerah,melalui progam-progam khusus,seperti Kesehatan,Pendidikan dan Sosial,jadi ini adalah rangkaian kegiatan yang kami programkan itu”.

“Sebelumnya kami juga pernah melakukan kegiatan sosial,dengan memberikan bantuan berupa ‘perlengkapan sekolah seperti tas dan buku tulis juga santunan kepada anak Yatim piatu,Dan kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan berkesinambungan untuk kedepannya”,tutur Tomo.

Pria karismatik ini kembali menyampaikan,bahwa kegiatan Peduli Sosial Kesehatan ini juga didukung oleh Dinas Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Kabupaten Blitar. Serta oleh Dokter yang bertugas atau menetap di Desa Kaulon.

Hariotomo melanjutkan,”kita menargetkan kehadiran 200 orang warga dalam pelayanan pemeriksaan kesehatan ini.namun kami sangat senang karena kenyataanya antusias masyarakat untuk hadir dalam pemeriksaan pelayanan kesehatan bisa melebihi dari apa yang kita targetkan,yaitu sejumlah 238 orang warga hadir dan kesemuanya adalah masyarakat Desa Kaulon yang terdiri dari 18 RT dan 3 RW”.

“Kedepannya harapkan kami dari PT OSM bisa berkontribusi secara langsung kepada masyarakat dan juga mendukung program Pemerintah .Sehingga kedepannya aktivitas terus berlanjut,dilapangan tidak ada masalah dan apa yang kita lakukan kepada masyarakat seperti peduli Kesehatan ,peduli Sosial ,dan Pendidikan bisa berlanjut seperti rencana kami 6 bulan sekali dalam setahun”, ujar pria paruh baya tersebut.

Dalam program Bakti kesehatan saat ini, kita berkerjasama dengan beberapa Pokja ,disini.karena Desa ini ada 3 kelompok kerja(Pokja),untuk yang berkaitan dengan masalah Kesehatan.Dan kita juga terus berkoordinasi dengan pemerintah Daerah,dan Muspika perihal program sosial dan kesehatan,sambung Rahmad Hariotomo.

Perlu diketahui PT Olam Sumber Manis adalah Perusahaan yang akan membangun Pabrik Gula di Desa Kaulon.Dan telah mendapatkan Persetujuan Rekomendasi Kelayakan Lingkungan Hidup untuk Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) pembangunan Pabrik gula no 660/275/III.2/2019 tanggal 26 Mei 2019,dari Komisi Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur,dan telah berlaku efektif di sistem Online Single Submission(OSS) BKPM Jakarta.

PT Olam Sumber Manis adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha Perkebunan dan Pengolahan Gula,yang terdaftar pada OSS dengan NIB nomor 8120001711918 dan telah mengantong Ijin Lokasi no 503/03/409.117.4/DPMTSP/LK//IX/2017 tanggal 27 September 2017.
Perlu di ketahui juga PT Olam Sumber Manis telah beberapakali melakukan kegiatan sosialisasi dari awal tentang pembangunan Pabrik Gula sampai saat ini.Tidak hanya Sosialisasi Perusahaan juga mempunyai komitmen kuat,untuk dapat memajukan masyarakat Kaulon baik Pendidikan ,Kesehatan,Kerohanian dan Sosial.Seperti kesempatan bekerja di perusahaan ini sehingga dapat lebih meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini perusahaan sudah memulai berbagai tahapan dimulai dari melakukan Pendataan,serta sosialisasi terhadap pemilik lahan yang sudah melepas lahan untuk selanjutnya pakai sebagai acuan sumber data.Dan jika proyek sudah dimulai yang dimana sesuai MOU perusahaan dengan masyarakat ” Bahwa prioritas tenaga kerja diambil dari masyarakat Kaulon dan prosesnya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan “. seperti yang disampaikan manajemen pabrik lewat Jefri.

Selanjutnya perusahaan juga akan melakukan kegiatan yang bersifat sosial seperti bantuan renovasi masjid,sarana dan prasarana belajar mengajar bagi Sekolah Dasar di Desa Kaulon serta pengecekan kesehatan dan Pengobatan Gratis seperti yang dilakukan saat kemarin.Kegiatan tersebut akan terus dilakukan dan diharapkan dapat merealisasikan cita-cita kami untuk membantu dan bekerja sama dengan seluruh masyarakat Kaulon.

Agar di ketahui disamping membangun Pabrik ,PT OSM,juga akan mengembangkan dan meningkatakan kwalitas perkebunan tebu serta pembagunan perkebunan tebu milik masyarakat maupun milik swasta yang ada di Kabupaten Blitar.

Sebelumnya PT OSM melaluli orang-orang manajemenya sudah pernah melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Tahap Awal bersama P3GI kepada penggurus dan petani tebu ,harapannya dengan kegiatan ini para petani dapat meningkatkan produktivitasnya serta menerapkan budidaya tebu dengan baik dan benar , dan harapan dari Pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku dapat terpenuhi dari petani tebu Kabupaten Blitar. Dan semua ini telah mendapat dukungan dari Koperasi petani tebu antara lain :
1.Koperasi Jati Mulyo
2.Koperasi Rosan Manunggal
3.Koperasi Niraasri .
Semoga pembagunan pabrik dapat di selesaikan dalam waktu tidak terlalu lama ,sehingga dampak langsung maupun tidak langsung dapat dirasakan oleh Masyarakat Blitar umumnya dan Desa Kaulon pada khususnya,terang manajemen OSM.

Sementara itu ditemui terpisah Ponidi salah satu warga yang telah melepaskan lahanya dan juga sebagai juru kunci gunung Meranti itu mengatakan,” sebetulnya saya merasa senang karena perusahaan berjanji akan membangun juga gunung tersebut untuk dijadikan tempat wisata yang nantinya akan diserahkan kepemerintah desa, sehingga kedepanya bisa menjadi andalan Desa kaulon bahkan mungkin kabupaten Blitar dalam bidang wisata.serta menambah lapangan kerja serta sumber penghasilan bagi masyarakat sini”.

“Dan yang saya rasakan dalam pembelian lahan juga saya merasa tidak ada paksaan serta tidak merugikan petani ataupun pemilik lahan,karena dihargai dengan harga termasuk tinggi dengan posisi tanah didalam dan tergolong kering juga kurang subur.Bahkan seandainya tanah itu dibagi untuk anak-anak saya pun tidak menjanjikan hasilnya karena tidak produktif.terang Ponidi.
Jadi menurut saya dengan dibeli oleh pabrik ini juga sangat menguntungkan,karena saya bisa belikan lagi sawah atau lahan yang lebih produktif atau subur sehingga hasilnya nanti bisa lebih dari lahan yang lama.serta anak saya nantinyapun bisa bekerja disitu sehingga tidak usah repot-repot atau jauh-jauh kerja diluar daerah, sesuai dengan komitmen pabrik”.

Hal senada juga dikatakan Jono warga asli kaulon yang lahanya juga sudah dilepas untuk dibeli Olam sejak Oktober 2018 dengan luasan lahan sekitar 400ru.

“Bahwa tanah yang kami lepas atau kami jual adalah tanah waris namun sudah mendapat persetujuan dari semua para ahli waris,meraka rata-rata juga merasa senang,karena harganya sangat baik.Sehingga saya rasa menguntungkan karena Tanak kami ini lahan kering yang hanya bisa ditanami jati dan itupun panenya lama untuk diharapkan.Dan sesuai kesepakatan dengan manajemen pabrik anak-anak kami dapat diterima bekerja disini sehingga tidak jauh seperti sekarang ini,itu harapan kami selaku orang tua mas”,pungkas Jono.(Sn)

Share :

Baca Juga

Daerah

Gelar Gerakan Pangan Murah,Polres Jombang Lakukan Jumat Curhat

Daerah

Cetak Kaum Muda Jadi Pemimpin, Camat Prajurit Kulon Riaji Berikan Sosialisasi Kepemudaan

Daerah

Turnamen Sepak Bola Wali Kota Cup 2022 Antar Kecamatan Dimulai

Daerah

Buka Rakorpem, Ini yang Disampaikan Bupati Asahan

Daerah

Kapolres Lamongan Pimpin Langsung Pengamanan Anniversary ke 57 Persela Lamongan

Daerah

Kupas Tuntas Penyakit Epilepsi Pada Perempuan Dan Ibu Hamil Bersama Dokter Spesialis Syaraf RSUD Jombang

Daerah

Forkopimda Batu Tinjau Lokasi Banjir Bandang

Daerah

Sekda Kota Probolinggo : Kobarkan Semangat Raih Prestasi, Junjung Sportivitas