HOME // Artikel

Ekonomi Islam Butuh Generasi yang Beredukasi

 

    Senin3 Desember 2019

Sekilasmedia.com-Jika kita bertanya pada generasi milenial saat ini, mungkin tak banyak dari mereka yang tau secara spesifik tentang ekonomi islam, peran ekonomi Islam dalam kemajuan ekonomi Negara dan pentingnya ekonomi Islam untuk kesejahteraan masyarakat.

Mengapa demikian…? Karena generasi milenial sangat kurang dalam literasi maupun edukasi mengenai ekonomi islam. Padahal Ir. Soekarno menyatakan dalam pidatonya, beri aku sepuluh pemuda, maka akan aku goncangkan dunia. Artinya apa? Peran pemuda dalam kemajuan negara itu sangat besar.

Jika minimnya pengetahuan para generasi milenial tentang ekonomi Islam, lantas siapa lagi yang harus diharapkan untuk melanjutkan perjuangan dalam pembangunan ekonomi islam untuk menyelamatkan keuangan negara.

Oleh karena itu, pentingnya edukasi tentang ekonomi islam terhadap generasi milenial sangat dibutuhkan untuk mendorong pengembangan ekonomi islam di Indonesia. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai generasi yang beredukasi terhadap ekonomi islam.

Ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat berdasarkan syariat islam. Menurut Masanuz Zaman menyatakan bahwa ekonomi islam adalah pengetahuan aplikasi dan aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam permintaan dan pembuangan pada manusia.

Pentingnya ekonomi islam bagi Negara, Bank Bank syariah masih bisa bertahan ketika krisis melanda Ekonomi islam mampu menjembatani kepentingan individu yang merasa dirugikan oleh sistem bank konvensional.Ekonomi islam mampu menjadi solusi keadilan dalam transaksi ekonomi.

Ekonomi islam mampu membawa kesejahteraan yang merata bagi masyarakat karena menganut prinsip-prinsip yang didasarkan pada keseimbangan.

menyatakan bahwa ada 11 prinsip-prinsip ekonomi islam, yaitu manusia merupakan khalifah dimuka bumi, kerja, kompensasi, efisiensi, profesionalisme, pemerataan kesempatan, kebebasan, persaingan, keseimbangan, penghapusan praktik riba, solidaritas.

Namun dalam pengembangan ekonomi islam ini, tentu terdapat beberapa hambatan yang harus dihadapi. Salah satu dari hambatan tersebut adalah masih terbatasnya pengetahuan tentang ekonomi islam di kalangan masyarakat, khususnya pada generasi milenial.

Baca Juga :   Terungkap, Lemon Beku Berkhasiat Melebihi Kemoterapi Tradisional

Kurangnya pengetahuan kaum milenial terhadap ekonomi islam ini dikarenakan masih terbatasnya jenjang pendidikan yang mengajarkan ekonomi islam, sehingga para generasi milenial butuh edukasi yang memadai agar mengetahui dan sadar bertapa pentingnya ekonomi islam ini untuk kesejahteraan masyarakat.

Jadi, dengan terciptanya generasi milenial yang ber-edukasi, mampu mendorong perkembangan ekonomi islam secara pesat, serta generasi milenial ini nantinya akan menjadi calon pakar ekonomi islam berkualitas yang mampu menguasai ilmu-ilmu ekonomi modern dan ilmu syariah secara integratif.(Cristyn)

Telah dibaca : 2015 kali.