Pembangunan Sektor Lingkungan di Kalteng Perlu Pengawasan – SEKILAS MEDIA

Pembangunan Sektor Lingkungan di Kalteng Perlu Pengawasan

Pembangunan Sektor Lingkungan di Kalteng Perlu Pengawasan
Pembangunan Sektor Lingkungan di Kalteng Perlu Pengawasan
Foto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah saat dimintai keterangan

Palangka Raya, Sekilasmedia.com – Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah yaitu membantu Gubernur untuk melaksanakan penataan lingkungan di Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan pengelolaan sampah, limbah bahan racun berbahaya, pengendalian pencemaran kerusakan lingkungan serta penataan hukum lingkungan dan peningkatan kapasitas di Bidang Lingkungan hidup.

Berdasarkan Pergub tsb Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Esau Tambang menyampaikan, bahwa Tahun 2019, DLH Kalteng sudah menyusun Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Daerah Provinsi Kalimantan Tengah serta daya dukung dan daya tampungnya, RPPLH merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Penyusunan RPPLH, dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. Diharapkan RPPLH dapat selesai di Tahun 2020.(Selasa, 14/1/2020)

Tahun 2021 Dinas Lingkungan Hidup akan menyusun kajian strategis untuk RPJMD untuk Tahun pembangunan jangka waktu berikutnya. kajian Lingkungan hidup strategis begitu erat kaitannya dengan RTRWP yang sudah berjalan 5 Tahun sejak Tahun 2015.

Pulau Kalimantan adalah salah satu paru-paru dunia atau yang terkenal dengan sebutan wilayah Heart of Borneo yang merupakan suatu ekosistem yang khas karena luas hutannya . Inisiatif Heart of Borneo (HoB) atau Jantung Borneo merupakan program konservasi dan pengelolaan sumber daya secara lestari, yang telah disepakati oleh tiga negara bertetangga (Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia), dengan tujuan untuk meningkatkan pengelolaan lestari terhadap sumber daya alam di wilayah Borneo.

Pulau Kalimantan terbagi dalam lima Provinsi yaitu Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur dan Utara. HoB dari segi tempat berada ditengah-tengah. Di Kalimantan Tengah sendiri, kawasan HoB terdapat di Daerah Kabupaten Murung Raya, Kapuas, Katingan, Barito Utara dan Lamandau.

” Esau menuturkan konsentrasi Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan . DLH Kalteng bersama BNPB dan seluruh lembaga vertikal dan didukung oleh Pemerintah Pusat akan lebih konsentrasi dan siap siaga dalam menghadapi musim kemarau maupun musim hujan,” ucapnya

Kalteng kaya akan Sumber Daya Alam, seperti hutan, kebun dan batu bara yang semua berdampak pada lingkungan. Dalam hal ini, DLH Kalteng bersama Dinas Kehutanan, pertambangan dan Perkebunan untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap perusahaan yang bergerak di Provinsi Kalimantan Tengah dalam menjaga lingkungan, pungkas Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng.(Hadiboy)

SEKILAS MEDIA