Siliwangi Minta Polres Probolinggo Periksa Kadispendik Jatim – SEKILAS MEDIA

Siliwangi Minta Polres Probolinggo Periksa Kadispendik Jatim

Siliwangi Minta Polres Probolinggo Periksa Kadispendik Jatim
Siliwangi Minta Polres Probolinggo Periksa Kadispendik Jatim
foto Kapolres Probolinggo tampak depan

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Laporan dugaan penggunaan ijazah paket C yang diduga palsu oleh oknum anggota DPRD Kabupaten Probolinggo berinisial RH, pada saat mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif periode 2019 – 2024, belum menemukan “titik terang”. Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Probolinggo, AKP Rizky Santoso beberapa waktu lalu, pihaknya masih menunggu data DKHUN (daftar kolektif hasil ujian nasional) tahun 2008 dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur.

“Sebelum kami laporkan kasus ini ke Polres Probolinggo, kami berkirim surat klarifikasi ke Dispendik Kabupaten Probolinggo menanyakan legalitas ijazah paket C milik RH yang terbit tahun 2008. Namun tak lekas mendapat jawaban. Baru setelah kami melaporkan dugaan ijazah palsu tersebut, Dispendik Kabupaten Probolinggo menjawab surat klarifikasi kami,” ungkap Syaiful Bahri Ketua Umum LSM Siliwangi, Senin (13/1/20).

Surat balasan dari Dispendik Kabupaten Probolinggo, lanjut Syaiful, menerangkan untuk data DKHUN ijazah tahun 2008 masih dalam penguasaan Dispendik Provinsi Jatim. Jadi untuk mengetahui teregister tidaknya ijazah tersebut, Dispendik Kabupaten Probolinggo mengajukan permohonan pinjam dokumen ke Dispendik Provinsi Jatim.

“Sampai sekarang belum ada kejelasan. Apakah data DKHUN sudah didapatkan dan dilakukan cek, kami belum tahu itu. Padahal surat dari Dispendik Kabupaten Probolonggo ke Dispendik Provinsi Jatim sudah dikirim tanggal 26 Nopember 2019 lalu. Untuk itu kami meminta kepada Polres Probolinggo (penyidik) agar memanggil atau memeriksa Kadispendik Jatim. Biar kasus ini secepatnya mendapat kepastian hukum,” pungkas Syaiful. (mul)

SEKILAS MEDIA