Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Selasa, 14 Januari 2020 - 02:26 WIB

SMAN 4 Palangka Raya Panen Perdana Tanaman Hortikultura

foto Guru- Guru saat panen holtikultura

foto Guru- Guru saat panen holtikultura

SMAN 4 Palangka Raya Panen Perdana Tanaman Hortikultura

foto Guru- Guru saat panen holtikultura

Palangka Raya, Sekilasmedia.com – SMAN 4 Palangka Raya melakukan panen perdana dari Program Pertanian Masuk Sekolah (Tani Mas), kegiatan yang dilaksanakan di Lahan Pertanian SMAN 4, Senin (13/1/2020). Tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman hortikultura seperti: seledri (daun sop), tomat, terong, kangkung, sawi, bayam, cabe, dan jenis tanaman biofarmaka seperti: jahe, lengkuas, kunyit, dan serai. Tanaman tersebut berada di Rumah bibit, Demplot dan dilokasi Pertanaman.

Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. LILIS SURIANI, MM., MM.RS mengadakan kegiatan Pertanian Masuk Sekolah ini dilaksanakan di 2 Sekolah yang telah dipilih di Tahun 2019 yaitu SMAN 4 Palangka Raya dan SMKN 7 Palangka Raya yang masih aktif di Kota Palangka Raya, sehingga kegiatan telah dilakukan pada akhir tahun Sehingga dapat memudahkan bimbingan dan koordinasi pada saat pelaksanaannya. Dari pantauan pelaksanaan kegiatan 2 sekolah ini telah melaksanakan semua kegiatan mulai dari pembuatan benih, pembuatan demplot serta penamanan tanaman di lahan pertanaman.

Kegiatan pertanian masuk sekolah ini juga didukung oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng. Seperti pada saat bimbingan teknis untuk membuat tananam hidroponik dan juga untuk belajar hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pertanian.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati, S.Pd., M.Pd “mengatakan keberhasilan pelaksanaan pertanian masuk sekolah ni mewakili kerjasama semua pihak, baik dari guru, siswa, pihak sekolah dan juga orang tua yang ikut serta memberikan semangat kepada siswa agar lebih giat lagi untuk dapat membantu di daerah pertanian yang Agar mudah untuk mendapatkan sayuran.

“Saya banyak yang meminta kasih atas bimbingan dan bimbingan dari BPTP, Dinas Tanaman Pangan, dan seluruh warga sekolah yang telah bersatu padu, bekerja sama, bersinergi dengan baik,” ucap Yeni

Program kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kemandirian bagi siswa dan guru, dapat terus meningkatkan, selain menambah pengetahuan tentang teknis pembuatan tanaman juga dapat memberikan dukungan bagi sekolah dan juga teknologi yang dapat dikenalkan kepada para pemimpin millenial.

Panen dilakukan langsung oleh siswa bersama diberikan guru pembimbing. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, BPTP Kalteng, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya dan Penyuluh Kota Palangka Raya.

Selanjutnya Kepala SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati, S.Pd ,M.Pd. berharapan kepada Dinas Pangan dan Pertanian dapat berlangsung terus memberikan bimbingan kepada sekolah, mohon bapak ibu Dinas bisa memberikan pelatihan pada guru.pembimbing kami, agar nantinya dapat berkembang lagi dalam tanam Holtikultura ini. Dan kami banyak berterima kasih atas kunjungan BPK Ibu Dinas Ketahanan pangan Provinsi Kalteng Dinas Pangan Dan Pertanian Dan BPTP Kalteng.(Hadiboy)

Share :

Baca Juga

Daerah

Istimewa! Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Gresik Serahkan Piagam Penghargaan Ke Atlit Berprestasi

Daerah

Polres Pasuruan Kembali Mengungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Di Kecamatan Prigen

Daerah

E Sport Gresik Ikuti Ajang Porprov Jatim 2023 di Mojokerto

Daerah

Bertugas Sebagai Bhabinkamtibmas, Polwan Peduli Janda Lansia

Daerah

Peduli Korban Banjir di Jateng, Polres Jombang Kirim Bantuan

Daerah

Dandim 0815 Mojokerto Beserta Anggota Sumbangkan Darah Di Hari Bhayangkara

Daerah

Kenang Jasa Para Pahlawan, Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Bersama Muspika Jabung Gelar Lomba PBB

Daerah

Pemkab Asahan Apresiasi Bantuan Alat Resusitasi Yang Diberikan PT Socfindo