Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / POLISIKU

Kamis, 16 Januari 2020 - 06:40 WIB

ETLE, Aplikasi Penindak Pelanggar Melalui Teknologi Digital

Foto peresmian ETLE yang dilakukan oleh Kapolda Jatim

Foto peresmian ETLE yang dilakukan oleh Kapolda Jatim

ETLE, Penindak Pelanggar Melalui Teknologi Digital

Foto peresmian ETLE yang dilakukan oleh Kapolda Jatim

Surabaya, Sekilasmedia.com – Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si melakukan launching ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement ) di gedung Mahameru Mapolda Jatim Kamis (16/01) pagi.

“Saya berharap Propinsi Jatim menjadi pilot proyek dalam segala hal atau kegiatan program ETLE Karena program tersebut dapat menindak pelanggar lalu lintas dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga lebih efektif dan efisien,” terang Kapolda .

ETLE merupakan tilang elektronik yang mengandalkan peran CCTV (Closed Circuit Television ) dalam mencari pelangaran lalu lintas di jalanan.

Ketika mendapati pelanggar lalu lintas, secara otomatis kamera CCTV akan men-capture-nya. Kemudian petugas pemantau CCTV menganalisis bentuk pelanggaran dengan menyesuaikan identitas kendaraan berdasarĀ databaseĀ ERI.

Setelah diperoleh bentuk pelanggar, petugas lalu lintas selanjutnya akan melayangkan surat bukti pelanggaran via pos, untuk dikonfirmasi. Jika pelanggar menerima pelanggaran yang dituduhkan, secara otomatis akan diterbitkan surat tilang. Sebaliknya, bagi pelanggar yang menolak, bisa dilanjutkan dengan sidang lalu lintas.

Selama jangka waktu tertentu, apabila surat bukti pelanggaran tidak terkonfirmasi oleh pemilik kendaraan. Secara otomatis, STNK yang bersangkutan diblokir.

“Dengan kecanggihan yang dimiliki Kamera CCTV di Seluruh Surabaya mampu menangkap gambar dengan jelas mobil dengan kecepatan 400 km/jam , tidak hanya itu kamera CCTV juga bisa melihat penumpang yang ada didalam mobil dan otomatis terkoneksi dengan data kependusukan ,”ungkap Walikota Surabaya Ibu Dr. Ir.Tri Rismaharini ,M.T.

Diharapkan kedepan ETLE tidak hanya sekedar meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas tapi juga bisa mencegah dan mengurangi terjadinya tindak kejahatan dijalanan Surabaya.

Setelah penyerahan cinderamata dari Kakorlanatas kepada Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim, serta penyerahan cindiramata dari Kapolda Jatim kepada Kakorlantas, dilanjutkan dengan penekanan tombol oleh Kapolda Jatim, Kakorlantas Polri, Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim sebagai tanda dilaunchingnya program ETLE.

Hadir dalam giat tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, Kasdam V Brawijaya Brigjend TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, S.I.K., Sekwilda Propinsi Jatim Heru Tjahjono, Walikota Surabaya Ibu Dr. Ir.Tri Rismaharini, M.T., Pejabat Utama Polda Jatim dan stake holder lainnya.

Setelah penyerahan cindiramata dari Kakorlanatas kepada Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim, serta penyerahan cindiramata dari Kapolda Jatim kepada Kakorlantas, dilanjutkan dengan penekanan tombol oleh Kapolda Jatim, Kakorlantas Polri, Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim sebagai tanda dilaunchingnya program ETLE.(Dani)

Share :

Baca Juga

POLISIKU

Kapolresta Sidoarjo Salurkan Hewan Kurban Ke Masyarakat

POLISIKU

Kapolda Jatim Terima Kunjungan DPD Pemuda Batak Bersatu Provinsi Jawa Timur

POLISIKU

KAPOLRES LUMAJANG DALAM PANTAUNYA DI MALAM TAHUN BARU PILIH BERSEPADA MOTOR

POLISIKU

Polsek Jetis Amankan Pemakaman Jenazah Covid-19

POLISIKU

Polsek Jetis Ops Yustisi di Warung Kopi, Lima Orang Terjaring

POLISIKU

Polsek Prajuritkulon Tindak Tegas Pengguna Jalan Tak Bermasker

POLISIKU

Polisi Berikan Bantuan Trauma Healing Korban Tanah Longsor Nganjuk

POLISIKU

Puluhan Pelanggar di Kabupaten Probolinggo Terjaring Operasi Yustisi