HOME // Daerah

Peduli Lingkungan, Dandim 0815/ Mojokerto Bersama Forkopimda Tanam Ribuan Pohon

 
    Rabu16 Januari 2020
Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., saat menanam pohon di Petak 6G RPH Claket Desa Kembangbelor Kec. Pacet Kab. Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com– Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., unsur Forkopimda serta Perhutani dan elemen masyarakat lainnya melakukan penanaman pohon di Petak 6G RPH Claket Dusun Belor Desa Kembangbelor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis, (16/1/2020).

Kegiatan bertajuk “Penanaman Pohon Bersama Dalam Rangka Peduli Lingkungan” diawali dengan apel dipimpin Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH., sedangkan Komandan Apel dipercayakan kepada Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro.

Dalam arahannya Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH., diantaranya mengatakan, pelestarian lingkungan dan alam harus tetap terjaga karena saat ini kondisi hutan dan alam banyak yang sudah rusak sehinga bencana alam tidak dapat terhindarkan.

Masih lanjut Bupati, penghijauan penanaman pohon sebagai salah satu bentuk untuk melindungi lingkungan alam dan hutan sebagai tempat menyimpan air dan oksigen juga mencegah adanya bencana alam. Pemkab Mojokerto sangat mendukung dan mengapresiasi dengan baik penanaman pohon sebagai sarana pelindung dan pelestarian alam demi masa depan anak cucu kita semua.

Sementara itu, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., saat di lokasi kegiatan, mengungkapkan pihak TNI/TNI AD khususnya Kodim 0815/Mojokerto senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah, kepolisian, BPBD, dan instansi/elemen terkait lainnya, dalam upaya mencegah dan menangani bencana alam di wilayah.

“Penanaman pohon bersama yang dilakukan Forkopimda, TNI-Polri, Perhutani, BPBD dan instansi terkait/stakeholder lainnya merupakan salah satu upaya untuk mengurangi resiko bencana di wilayah Mojokerto, terlebih daerah Pacet yang merupakan kawasan rawan longsor,” ungkapnya.

“Selain untuk mencegah bencana, penghijauan ini juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan alam. lestari alamku lestari hutanku, bila kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita,”tandasnya.

Baca Juga :   Bupati Barut Tidak Pernah Berikan Ijin Truk Tambang Melintas Jalan Raya

Pantauan di lapangan, kegiatan yang diselenggarakan KPH Pasuruan tersebut, diikuti ratusan personel gabungan TNI, Polri, Pemda, Perhutani, BPD, PMI, Tahura, Perwakilan Kades, Pramuka Saka Wana Bakti dan sejumlah potensi relawan secara bersama-sama melakukan penanaman 2.500 pohon berbagai jenis seperti durian, matoa, pete, nangka, alpukat, sukun dan mahoni di Petak 6G yang merupakan bagian lereng Gunung Welirang.

Tampak hadir dalam kegiatan antara lain, Wakapolres Mojokerto Kompol Toni Sarjaka, SH., SIK, Kalak BPBD Kabupaten Mojokerto, Drs. HM. Zaini, ST., MT., M.Si., Ka OPD terkait, ADM Perhutani KPH Pasuruan Ida Jatiana, Forkopimka Jatirejo, Gondang, Pacet dan Trawas, Asper BKPH Perhutani Pacet, Gisam, dan Ka UPT Tahura R. Soerjo Pacet, Ahmad Wahyudi.(wo’dim)

Telah dibaca : 37 kali.