HOME // POLISIKU

Antisipasi Pelanggar Lalu Lintas, Satlantas Gelar Oprasi Rutin

 

    Minggu18 Januari 2020
Antisipasi Pelanggar Lalu Lintas, Satlantas Gelar Oprasi Rutin
Foto Apel saat sebelum melakukan operasi rutin

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Dengan adanya Program Operasi lalau lintas oleh Kepolisian RI, diharapkan dapat memberi kesadaran dari pengguna kendaraan bermotor untuk selanjutnya mengedepankan berprilaku tertib di jalanan dan melengkapi persyaratan dalam berkendara.

Terkait penertiban terhadap pengguna jalan ini, secara intensif terus dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo disetiap waktu. Hal ini yang Nampak saat satuan ini menggelar operasi penertiban di ruas jalan Raya pajarakan tepatnya di
Depan kantor mapolres probolinggo.
Kegiatan operasi yang mengambil fokus pada pada pemeriksaan kelengkapan berkendara ini dihadiri oleh KBO Ipda siswandi dan Kanit Laka Ipda I Nyoman Harayasa SH serta Kanit Dikyasa Ipda Arif dan Kanit Tilang Bripka. Akmal Tanjung SH. Dan sejumlah anggota Satlantas Polres Probolinggo.

“Kami berupaya memberi penyadaran pada masyarakat pemilik kendaraan untuk selalu patuh dan tertib di jalan raya. Begitu juga dengan kepemilihan dokumen berkendara seperti STNK dan SIM yang wajib dipegang saat berkendara.”Ujar Ipda I Siswandi SH Kbo lantas.

Dalam giat operasi yang berlangsung selama satu jam lebih ini, anggota Satlantas Polres Probolinggo dapat menjaring sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Pelanggaran di dominasi oleh kendaraan roda dua terutama tidak standart dan Kami beri tindakan tegas Dan beberapa pelanggaran antara lain SIM Surat Ijin Mengemudi, kebanyakan masyarakat masih kurang menyadari pelengkapan sepeda motor seperti SIM. Dan pelanggar yang tidak membawa STNK tetap kami beri tindakan tegas tilang.

Seperti yang terpantau sekilasmedia.com. banyak pelangaran Truck Yang Melebihi muatan .dan sangat membahayakan orang lain juga pengemudinya.

Ditempat berbeda kanit laka IPDA Inyoman H saat dikonfirmasi terkait kegiatan satuannya mengatakan bahwa giat operasi ini merupakan hal rutin dan bertujuan sebagai shock therapy terhadap pemilik kendaraan agar selalu memenuhi apa yang menjadi persyaratan dalam berkendara. “Adanya pelanggaran termasuk laka lantas lebih banyak disebabkan kurangnya kepatuhan pengendara saat dijalan dan tidak didukung kelengkapan berkendara seperti yang telah ditentukan.”

Baca Juga :   128 Personil Polres Batu Ikuti Tes Psikologi Syarat Pemegang Senpi

“Giat Operasi ini, rutin antisipasi untuk menekan angka kecelakaan di Kabupaten Probolinggo karena dalam beberapa bulan ini banyak kejadian Lakalantas yang berujung korban jiwa dengan adanya operasi ini maka masyarakat akan menyadari akan disiplin berlalu lintas dan tertib di jalan untuk Probolinggo Kondusif berlalu lintas.” Ujar Nyoman.(Rul)

Telah dibaca : 85 kali.