Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah / tempat wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:45 WIB

Ketua KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Foto Ketua KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Foto Ketua KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Ketua KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Foto Ketua KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Batu, sekilasmedia.com – Mengkolaborasikan konsep pendidikan dan wisata Komisi Pemilihan umum (KPU) menghadirkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) NasionalJatim Park1, Kota Batu

Program RPP sendiri telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat indonesia. Peranya yang cukup signifikan dalam meningkatkan minat dan partisipasi pemilih dalam pemilu sehingga mudah di akses masyarakat.

Yang terbaru KPU menghadirkan RPP di salah satu kawasan wisata, Jatim Park 1 Kota Batu. Peresmian RPP Nasional Jatim Park 1 dilakukan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman, Jumat (24/1/2020).

Menurut Ketua KPU Kota Batu, Mardiono, dalam sambutanya mengatakan ” maksud dan tujuan didirikannya RPP Nasional ini untuk meningkatkan edukasi masyarakat tentang politik, demokrasi dan kepemiluan” terangnya.

Masih menurut Mardiono, Lebih jauh lagi adalah, bertujuan untuk mempertahankan angka partisipasi masyarakat pada pemilu di Kota Batu yang sangat tinggi yaitu 87,44 persen pada pemilu serentak tahun lalu, dan pemilu kedepan diharapkan partisipasi masyarakat lebih meningkat.

“RPP Nasional ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang bekerja sama antara KPU dengan pihak swasta, khususnya perusahaan pariwisata. Di dalamnya meliputi edukasi pemilu dalam bentuk audio visual, mini perpustakaan, zona hoax dan ruang simulasi” tambahnya.

Berkaca dari kesuksesan RPP Nasional pertama yang didirikan di Kawasan Pintar Pemilu, Daerah Istimewa Yogyakarta, RPP Nasional Jatim Park 1 juga diharapkan dapat menarik wisatawan.

Menurut Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam sambutanya mengatakan ” dengan hadirnya RPP Nasional bertema Wisata Demokrasi Dan Pemilu, diharapkan wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya sekedar bertamasya tapi juga mendapatkan pemahaman, pendidikan pemilu dan demokrasi (eduwisata)” ujar Arief.

Berdasarkan data yang di himpun, lima hari pasca berdirinya RPP Nasional Jatim Park 1 pada akhir tahun 2019 lalu, angka kunjungan wisatawan telah mencapai 13 ribu orang.

Dalam kegiatan peresmian RPP di hadiri oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Wakil Wali Kota Batu Punjul santoso, Kapolres Batu, Ketua KPU Kota batu, KPU Provinsi, Basnas, beserta para undangan penting lainya.(BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Respon Cepat Kapolsek Lowokwaru, Tinjau Akses Jalan Yang Ditutup Pengembang

Daerah

94 Santri MA YKUI Maskumambang Ikuti Pekan Dakwah di Lamongan

Daerah

SIM Cak Bhabin Inovasi Baru Satlantas Polrestabes Surabaya

Daerah

Dandim 0815/Mojokerto dan Kapolresta Bantu Masak Di Dapur Covid 19

Daerah

Saat Safari Ramadhan, Wabup Ingatkan Soal Bencana Alam

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Beri Penghargaan Anggota Polri, TNI dan Masyarakat Berprestasi

Daerah

Tinjau Kesiapan Logistik Pemilu 2024 Di Desa Segoromadu, Bupati Yani Dampingi Plh Gubernur Jatim 

Daerah

Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Mojokerto Mulai 24 Mei 2021