Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Rabu, 29 Januari 2020 - 01:42 WIB

Walikota Probolinggo Saat Ngopi Bareng Komunitas

Ngopi bareng Wali Kota Hadi Zainal Abidin

Probolinggo, sekilasmedia.com –  Membangun bersama rakyat untuk Kota Probolinggo yang lebih baik, tentu sudah menjadi komitmen Wali Kota Hadi Zainal Abidin. Baginya, rakyat atau masyarakat merupakan bagian penting Pemerintah dalam menjalankan kebijakan yang bermanfaat.

Untuk itu, Wali Kota Habib Hadi panggilan akrabnya, merangkul semua Komunitas di Kota Probolinggo. Katanya, Komunitas bukan hanya perkumpulan tetapi mereka punya tujuan yang jelas, tidak mudah terpengaruh dan punya Komitmen.

“Jika Pemerintah berpikir sendiri tanpa melibatkan semuanya, mustahil kami bisa menjalankan Pembangunan. Insyaallah keberadaan Komunitas menyempurnakan harapan dari Masyarakat,” terang Habib Hadi, saat ngopi sharing bareng 41 komunitas, Selasa (28/1) malam di Markas Dinas Satpol PP.

Didampingi Kepala Dinas Satpol PP Agus Efendi, Habib Hadi menyampaikan berbagai hal. Salah satu yang disampaikan adalah upayanya untuk membuat kebijakan yang sesuai dengan fakta, seperti penyerapan anggaran berbasis manfaat bagi masyarakat.

Sejumlah program pemerintah yang sudah dikerjakan pada 2019 antara lain memberi makan kepada Lansia (lanjut usia) di Kota Probolinggo. Tahun ini, jumlah lansia penerima manfaat akan ditambah. Wali kota tidak ingin mendengar ada Lansia yang terlunta-lunta di Kota Probolinggo.

“Yang terbaik bagi masyarakat harus kita lakukan. Dengan melakukan hal baik, Insyaallah, Allah akan membalas kebaikan kita,” ujar Wali Kota yang tidak pernah alergi berkumpul dengan Komunitas dan selalu mau mendengar masukan dari banyak pihak ini.

Untuk memproses permintaan masyarakat, malam itu Habib Hadi menjelaskan tentang prosedur penganggaran yang harus melalui tahapan jelas. Ia tidak ingin melawan aturan dan lebih memilih menata serta memetakan sejak awal melalui musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

Di hadapan Komunitas dari berbagai segmen itu, orang nomor Satu di Kota Probolinggo itu juga menyampaikan soal Pengembangan Ekonomi yang merata. Artinya, jika pengembangan Ekonomi hanya di Wilayah Utara, siapapun Kepala Daerahnya Kota Probolinggo bisa disebut gagal.

“Harus ada pengembangan wilayah selatan agar perekonomian merata. Untuk itu kami berkomitmen membangun rumah sakit baru kemudian pasar agrowisata di wilayah selatan. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, harus ada keberanian semata-mata untuk kemashlahatan masyarakat Kota Probolinggo,” jelas Wali Kota yang masa mudanya ikut bermacam komunitas itu.

Masih menurut Habib Hadi, tanpa ada denyut nadi pemerataan ekonomi maka pengembangan wilayah tidak akan berhasil. “pemerataan ekonomi akan hidup dengan sendirinya, tinggal pemerintah membentuk, mendorong dan memfasilitas. Misalnya kampung tematik, harus kita kembangkan. Itulah pentingnya pembangunan masif di kelurahan,” tegasnya.

Terealisasinya Pendidikan dan Kesehatan gratis di Kota Probolinggo merupakan kebanggaan tersendiri bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Saat menjalankan program yang dirancang, Habib Hadi mengaku butuh Informasi, masukan dan Kritik dari Masyarakat.

“Masukan dari Masyarakat sangat berarti dalam mengambil kebijakan. Saya tidak alergi kritik, saya justru berterimakasih. Selagi jabatan ada di saya, berarti menyelamatkan saya untuk melakukan yang lebih baik lagi,” sebut Mantan Anggota DPR RI ini.

Sementara itu, pada pertemuan tersebut Wali Kota juga mendapat saran dan masukan dari perwakilan Komunitas. Seperti perwakilan paguyuban abang becak, yang berharap pihaknya dilibatkan dalam sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terkait keberadaan mereka. Karena paguyuban abang becak yang anggotanya dari Kota dan kabupaten merupakan bagian Masyarakat.

Sedangkan dari Komunitas pegiat Media Sosial,   diminta untuk menyampaikan kepada pejabat di pemerintahannya agar sadar dan tanggap ber-medsos. Tujuannya, bila ada pertanyaan yang muncul dapat segera ditanggapi. Distribusi Ambulans siaga di 18 Kelurahan, juga disarankan jelas bagaimana cara Masyarakat dapat mengakses jika membutuhkan.

Malam itu, Habib Hadi juga mengundang komunitas untuk ikut ambil bagian memeriahkan Refleksi satu Tahun Kinerja Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Subri, yang dimulai pada 29 Januari hingga 2 Februari mendatang. (Fahrul)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPC PDIP Gresik Adakan Musancab Benjeng Guna Pembentukan Pengurus PAC Baru

Daerah

Sinergi ‘Tri Maskada’ , Surabaya Raya Siap Sukseskan Resepsi Puncak Satu Abad NU

Daerah

Babinsa Koramil Kutorejo Bersama Ketua PPKM & Nakes Lakukan Tracing Covid-19

Daerah

AHM Menggelar AHMBS, Wujud Apresiasi Bisnis Kreatif Millenial

Daerah

Polresta Sidoarjo Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Daerah

Bupati Dukung Vaksinasi Gotong Royong Oleh Perusahaan

Daerah

Polda Jatim Bentuk Unit Covid Hunter Guna Buru Pasien Covid-19 yang Kabur Dari Rumah Sakit

Daerah

Tekan Stunting, Bupati Ikfina Panen Padi Varietas Unggul