HOME // POLISIKU

Marak Isu Penculikan Anak, Jajaran Polsek Sumberasih Beri Himbauan Kepada Wali Murid Dan Orang Tua

 

    Minggu14 Februari 2020
Marak Isu Penculikan Anak, Jajaran Polsek Sumberasih Beri Himbauan Kepada Wali Murid Dan Orang Tua
Foto Marak Isu Penculikan Anak, Jajaran Polsek Sumberasih Beri Himbauan Kepada Wali Murid Dan Orang Tua

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Maraknya isu penculikan anak di lingkungan sekolah baik melalui medsos maupun dari mulut ke mulut yang pada saatnya nanti membuat warga resah sehingga bisa membuat iklim kamtibmas tidak kondusif membuat jajaran Polsek Sumberasih harus terjun langsung ke lapangan untuk memberikan klarifikasi dan penyuluhan tentang isu tersebut.

Dalam kesempatan kali ini Kanit Binmas Aiptu Andi Handoko, SH bersama Ka. Spkt Aiptu Supardi Bhabinkamtibmas Bripka Taufiq Hidayat melaksanakan giat penyuluhan di SDN 1 Sumberasih, Kecamatan Sumberasih Jum’at (14/02).

Pada kesempatan tersebut Aiptu Andi Handoko, SH menyampaikan Pembinaan dan penyuluhan kepada Dewan Guru dan Murid  murid SDN I Sumberasih Kec. Sumberasih Probolinggo Jatim, Antisipasi terhadap isu atau kejadian dan atau pemberitaan di media sosial tentang penculikan anak anak pelajar SD.

“Memberikan penyuluhan kepada anak-anak untuk lebih berhati-hatibila diajak oleh seseorang yang belum kenal sama sekali, memberikan penyuluhan kepada orang tua untuk lebih berhati-hati ketika menerima pembantu rumah tangga bekerja dirumah dan selalu memberikan pengawasan tehadap anak, memberikan penyuluhan kepada warga masyarakat dengan materi kesadaran hukum beserta sanksi-sanksinya dan keagamaan sehingga tidak terlibat tindak pidana penculikan anak, menggiatkan keamanan lingkungan melaluli siskamling,”katanya

Aiptu Andi Handoko menegaskan orang tua harus menyadari akan pentingnya kewaspadaan dalam hal pengawasan terhadap anak, maka kasus isu penculikan akan segera teratasi, dan keresahan dikalangan masyarakat luas akan isu kasus penculikanpun setidaknya berkurang dan tidak muncul kembali kasus tersebut.

“ Karena dari orang tualah keamanan bagi anak yang paling utama diantara keamanan yang lain, ” tegasnya.

Dia berpesan untuk pihak sekolah setiap aktifitas murid di sekolah maupun etika kegiatan pembelajaran luar kelas, hendaknya selalu dipantau oleh guru, sehingga sekecil apapun yang terjadi pada murid dapat diketahui dan tertangani, karena guru adalah orang tua bagi murid-murid.

Baca Juga :   WARGA DESA SUKOSARI MENDAPAT APRESIASI DARI KAPOLRES LUMAJANG

“Memaksimalkan peran guru piket ketika waktu pulang, entah guru piket berasal dari guru yang mengajar pada jam terakhir, ataupun guru khusus yang mendapat tugas khusus sebagai guru piket, sehingga setiap murid yang pulang dapat terekam kepulangannya, hal itu dapat didukung dengan presensi kepulangan,” bebernya Kanit Binmas Polsek Sumberasih.

“Memperkuat keamanan sekolah melalui peran aktif satpam di sekolah, sehingga setiap orang yang datang ke sekolah dapat diketahui identitas, dan tujuannya, tentunya peran satpam ini bisa didukung dengan peralatan relevan,” pungkasnya.(fahrul)

Telah dibaca : 582 kali.