Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Mojokerto

Jumat, 28 Februari 2020 - 07:00 WIB

Ditutup Pemilik, Pengunjung Paksa Masuk Ranu Manduro

Papan peringatan dipasang PT Wira Bumi di lokasi Ranu Manduro.

Mojokerto, Sekilasmedia.com – Wisata dadakan Ranu Manduro, di Desa Manduro Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto resmi ditutup pemilik lahan.

Kendati demikian, masih banyak pengunjung yang memaksa masuk karena hasrat ingin tahu yang kuat.

Keputusan untuk menutup lokasi bekas tambang ini memang sempat menjadi desas-desus, sebelum akhirnya PT Wira Bumi selaku pemilik lahan resmi menutupnya, Kamis (27/02). Di tengah akses masuk area, dipasang papan peringatan ‘Dilarang Keras Memasuki Wilayah Pertambangan Tanpa Izin. Melanggar: 1. Kepmen ESDM 1827 tahun 2018. 2. KUHP pasal 167,389,551’.

Menyikapi penutupan area wisata dadakan itu, terjadi pro-kontra diantara pengunjung, namun kebanyakan dari mereka banyak yang tidak setuju jika Ranu Manduro ditutup. Termasuk para pedagang yang mengais rezeki di area tersebut.

‘Menurut saya ada segi positif dan negatifnya sih kalau tempat ini di tutup. Tapi untuk saya pribadi tidak setuju, karena tempat ini masih alami dan bisa di jadikan hunting foto dan foto pre wedding,” Ucap Chaca, pengunjung asal Sukodono Sidoarjo, Jumat (28/02)

Hal senada juga diungkapkan Kastubi, pedagang asli Desa Manduro, Kecamatan Ngoro. “Kalau bisa saya mohon untuk PT. Wira Bumi agar tetap mengizinkan tempat ini dibuka terus. Karena kami para pedagang bisa meningkatkan pendapatan. Saya jualan disini satu hari bisa memperoleh kurang lebih satu juta rupiah.” Kata Kastubi.

Berkah viralnya wisata Ranu Manduro sebenarnya juga dirasakan masyarakat setempat. Karang Taruna Desa Manduro bisa mendapat keuntungan dengan menarik biaya retribusi sebesar Rp5000 per kendaraan pengunjung.

“Meskipun sejak tadi malam (27/02) sudah dipasang papan peringatan ini, tapi para pengunjung tetap saja masuk. Dan kami pun tidak bisa melarang karena tempat ini sudah viral. Dan banyak warga yang ingin berkunjung kesini.” Ucap Yudi, sekretari Karang Taruna Manduro. (Adi/joe)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Targetkan Zero New Stunting 2024, Pj Wali kota: Upaya Pemkot Ciptakan Generasi Unggul

Mojokerto

Wali Kota Serukan Komitmen Pola Hidup Sehat

Mojokerto

Pemkab Gelar Kirab Kubro Dalam Rangka Memperingati Haul Syekh Jumadil Kubro

Mojokerto

Bantuan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto Terus Mengalir

Daerah

Danrem 082/CPYJ: Gowes Bareng Jadi Tips Sehat Prajurit

Mojokerto

Penyekatan Tol Exit Penompo di Perketat Selama PPKM Darurat

Mojokerto

Ir Nurhadi Santosa MMT, MKU, MPU Putra Mantan Bupati Fatkhurrohman: Ponpes Kuasailah Teknologi Kebencanaan

Mojokerto

Cegah Kenakalan Remaja, Danramil 0815/14 Dlanggu Bekali Wasbang Ratusan Pelajar