HOME // Daerah

Wabub Sumenep Ajak Pola Hidup Bersih dan Sehat

 

    Sabtu19 Maret 2020

 

Sumenep, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan terutama di sekitar tempat tinggalnya, dalam rangka menciptakan kawasan yang bersih dan sehat.

Hadir pada giat tersebut, Wakil bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi, Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, Sekretaris Daerah Edy Rasiyadi, Kepala dinas Kesehatan Agus Mulyono, MSc. serta Forkopimda.

“Masyarakat yang senantiasa menjaga kebersihan jelas menjadikan lingkungannya sehat, sehingga bisa mencegah keluarganya terhindar dari berbagai penyakit,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi pada Senam Sehat untuk “Jatim Sehat Sumenep Sehat” di Car Free Day area Taman Potre Koneng, Minggu (08/02/2020).

Ia menyatakan, menjaga kebersihan harus mulai dari diri masing-masing warga semisal membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, karena tangan adalah bagian tubuh yang mudah menjangkau area manapun.

Untuk Itulah, masyarakat membiasakan diri menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya menggunakan air mengalir dan sabun untuk mencegah berbagai penyakit termasuk virus Corona.

“Kebersihan tangan adalah tindakan pencegahan yang ampuh memotong penyebaran kuman, sehingga cara paling efektif menghilangkan bakteri dan virus,” jelasnya.

Pelaksanaan Jatim Sehat Sumenep Sehat diwarnai dengan berbagai kegiatan di antaranya senam Germas, Senam Cuci Tangan, Edukasi Germas dan Konsultasi Kesehatan Gratis.

Kegiatan itu diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan bersama dengan Porles Sumenep di Car Free Day.

Selain menjaga kebersihan tangan, menurut Wakil Bupati Achmad Fauzi, masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dari sampah atau kotoran, karena masalah membuang sampah sembarangan masih menjadi kebiasaan buruk.

Karenanya, saat ini, seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk membuang sampah pada tempatnya, mengingat sumber penyakit penyebabnya juga berasal dari lingkungan yang kotor.

Baca Juga :   Plt. BUPATI TERIMA KUNJUNGAN DPR RI KOMISI XI -KEMENKES RI BERKAITAN "PROGRAM GERMAS"

“Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah namun juga masyarakat. Jadi mari kita bersama-sama menjaga lingkungan yang bersih, asri dan indah dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(lzi)

Telah dibaca : 89 kali.