Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Daerah

Selasa, 28 April 2020 - 03:47 WIB

Bupati Lumajang Pantau Langsung Ke Tempat Pos Check Point, Guna Perketat Masuknya Warga Ke Lumajang

 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama jajaran forkopimda turun langsung melakukan pemantauan di wilayah Lumajang utara Ranuyoso-Klakah.

LUMAJANG, Sekilasmedia.com– Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di perbatasan Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang datang dari luar kota (Pos Chek Point), Senin (27/4/2020) siang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama jajaran forkopimda turun langsung melakukan pemantauan di wilayah Lumajang utara Ranuyoso-Klakah.

Bupati menyampaikan, masyarakat yang mau datang atau melintasi wilayah Kabupaten Lumajang diharapkan untuk mengecek kesehatannya dan tidak memaksakan diri apabila terdeteksi tidak sehat untuk memutar balik kendaraannya dan tidak melanjutkan perjalanannya.

“Saya minta yang tidak pakek masker untuk kembali tidak ada kompromi dan harus tidak melanjutkan perjalanan,” tegasnya.

Dijelaskan, semua yang masuk ke wilayah Kabupaten Lumajang baik angkutan barang, pribadi dan kendaraan roda dua akan di lakukan pengecekan kesehatan.

“Saya dan pak Dandim dan pak Kapolres hari ini memantau langsung Pos chek point, memastikan semua bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Mudah-mudahan upaya kita dalam mengantisipasi merebaknya penyebaran covid- 19 bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Pihaknya berharap Masyarakat bisa bekerja sama untuk menekan penyebaran Covid-19. Kita dapat mengurangi risiko terinfeksi atau menyebarkan Covid-19 dengan cara melakukan beberapa langkah pencegahan:

1. Seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Karena dengan mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik dapat membunuh virus di tangan kita.

2. Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin. Karena Ketika batuk atau bersin, orang mengeluarkan percikan dari hidung atau mulutnya dan percikan ini dapat membawa virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus Covid-19 jika orang yang batuk itu terjangkit penyakit tersebut.

3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Dengan tangan menyentuh berbagai permukaan benda dan virus penyakit ini dapat tertempel di tangan. Tangan yang terkontaminasi dapat membawa virus ini ke mata, hidung atau mulut, yang dapat menjadi titik masuk virus ini ke tubuh kita sehingga kita menjadi sakit.

4. Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda mengikuti etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin. Dengan mengikuti etika batuk dan bersin, Anda melindungi orang-orang di sekitar dari virus-virus seperti batuk pilek, flu dan Covis-19.

5. Tetaplah tinggal di rumah jika merasa kurang sehat. Jika Anda demam, batuk dan kesulitan bernapas, segeralah cari pertolongan medis dan tetap memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu.

6. Ikuti arahan Dinas Kesehatan setempat. Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan daerah akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di wilayah Anda. Dengan memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu, petugas kesehatan yang akan merawat Anda dapat segera mengarahkan Anda ke fasilitas pelayanan kesehatan yang tepat. Langkah ini juga melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

7. Tetap ikuti informasi terbaru tentang hotspot-hotspot Covid-19 (kota atau daerah di mana Covid-19 menyebar luas). Jika memungkinkan, hindari bepergian ke tempat-tempat tersebut, terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut atau mengidap diabetes, sakit jantung atau paru-paru. Karena kemungkinan tertular Covid-19 lebih tinggi di tempat-tempat tersebut,” pungkasnya. (Maria)

Share :

Baca Juga

Daerah

Puncak Perayaan Imlek, Arak-arakan Barongsai Kelilingi Kota Mojokerto.

Daerah

Lebih Dekat Masyarakat, Polresta Sidoarjo Adakan Bakti Kesehatan dan Baksos

Daerah

Taufik Zainal Abidin Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023

Daerah

Pelajaran Berharga Pasca Tito Kadarisman Dinyatakan Bebas Murni

Daerah

Dongkrak Iklim Investasi, Pj Walikota Probolinggo Gandeng APERSI Jawa Timur

Daerah

Puluhan Warga Kalianan Dilatih Budidaya Ikan Nila

Daerah

Masuk Zona Merah, Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Menilai Kesadaran Masyarakat Menerapkan Prokes Melemah

Daerah

Atasi Masalah Tambang Pasir di Lumajang, Forkopimda Bentuk Satgas Pertambangan