Asta Sayyid Yusuf Talango, Destinasi Wisata Religi Yang Pas Untuk Dikunjungi | | SEKILAS MEDIA

Asta Sayyid Yusuf Talango, Destinasi Wisata Religi Yang Pas Untuk Dikunjungi

 

 

Sumenep, Sekilasmedia.com – Asta Sayyid Yusuf merupakan sebuah makam yang diyakini milik dari seorang ulama yang memiliki karomah luar biasa. Pada mulanya, kisah tempat ini bermula dari rombongan Sri Sultan Abdurrahman Pangkutaningrat berangkat dari keraton menuju Pulau Bali untuk menyebarkan agama Islam.

Namun, tengah malam saat mereka bermalam di sekitar Kalianget,Sri Sultan melihat cahaya terang yang tampak jatuh dari langit menuju sebelah timur kalianget, tepatnya di kawasan Pulau Talango. Karena penasaran, usai solat subuh, beliau memerintahkan untuk mengubah jalur menuju Pulau Talango. Setelah memasuki hutan, mereka menemukan makam baru dan saat Sri Sultan mengucap salam, terdengar jawaban dari sang penghuni kubur.

Kemudian, Sri Sultan bermunajat kepada Allah dan tak lama jatuhla daun yang bertuliskan Hadz Maulana Sayyid Yusuf Bin Ali Bin Abdullah Al Hasan. Akhirnya makam tersebut diberikan batu nisan serta dibangunkan cungkup atau pendopo. Anehnya, makam malah berpindah ke sebelah timur seperti menandakan tak ingin diberi cungkup agar lebih terbuka dengan alam.

Setahun kemudian, Sri Sultan kembali untuk membangun pendopo bagi para peziarah dan membangun masjid jamik. Selain itu, ada kisah yang mengatakan bahwa pohon yang berada di dekat Asta Sayyid Yusuf tersebut merupakan tongkat yang ditancapkan oleh Sri Sultan.

Kawan Asta Sayyid Yusuf yang memiliki luas sekitar 4703,52 meter persegi ini, jarang sepi oleh pengunjung ataupun peziarah, khususnya pada awal bulan sya’ban. Perharinya biasanya dikunjungi sekitar 500 orang peziarah dan mulai sepi mendekati bulan Ramadhan.

Di sekitar kawasan Asta Sayyid Yusuf juga sudah dilengkapi beragam fasilitas seperi toilet umum, musholla, pendopo, tempat istirahat, tempat menerima tamu, bahkan dua buah penginapan bagi anda yang ingin menginap di sini, apalagi pantai yang berada di dekatnya cukup menarik.

LIHAT JUGA :   KOMANDAN P3M LUMAJANG SIAP BANTU AMANKAN ARUS MUDIK PADA HARI RAYA IDUL FITRI 1439 TAHUN 2018.

Anda juga sudah tidak perlu bingung mencari makanan karena kelaparan, karena sudah banyak penjual makanan dan warung-warung di sekitar Asta Sayyid Yusuf ini.(Lzi)

SEKILAS MEDIA