Buru Sembako Gratis, Tiga Pemulung Jadi Jadian Ditangkap Pol PP  | | SEKILAS MEDIA

Buru Sembako Gratis, Tiga Pemulung Jadi Jadian Ditangkap Pol PP 

Buru Sembako Gratis, Tiga Pemulung Jadi Jadian Ditangkap Pol PP 

 

Denpasar, Sekilasmedia.com
Berpura-pura menjadi pemulung untuk mendapatkan bantuan paket sembako dari para donatur, tiga orang paruh baya diamankan petugas penegak Perda Kota Denpasar, di kawasan Ronon, Selasa kemarin (19/5).

Mereka adalah Bambang (70) dari Jembrana, Mar (65) Jember dan Istiningsing (60) Madura. Ketiganya digelandang ke Kantor Pol PP setelah kepergok mencari kesempatan dan kesempitan ditengah banyak pihak prihatin terhadap dampak Covid-19.

Dari informasi yang didapat, ada puluhan pemulung gadungan yang beraksi sama, kala itu. Hanya saja petugas berhasil menangkap tiga orang itu sedangkan sisanya kabur.

Terkait itu, Kepala Sat Pol PP Kota Denpasar, Dewa Seyoga membenarkan dan perbuatan ini terungkap setelah masyarakat mengadu memergoki aksi mereka. Dikatakan, ketiga orang ini memang sering datang di kawasan Renon, diantar menggunakan sepeda motor oleh rekannya ke rapat yang sama.

“Modusya berpura pura duduk menunggu donatur yang datang untuk berbagi sembako. Setelah mendapatkan mereka sembunyikan dan kembali lagi menunggu donatur lainnya,” ujar Seyoga di Denpasar Rabu (20/5).

Saat ditangkap, petugas juga mengamankan beberapa kampil (karung) paket sebako yang mereka sembunyikan di semak semak. Selain teroganisir, para pemulung gadungan ini juga mengetahui tiap jadwal pembagian sembako yang dilakukan oleh para donatur.

“Mereka sementara ini kami tahan di kantor Pol PP Kota Denpasar, untuk diberikan pembinaan. Terkait adanya Cukong masih diselidiki,”ungkapnya.

Lebih lanjut, terhadap tindakan yang dilakukan, bukan masud untuk mendiskriminasi, melainkan lebih kepada pembinaan agar tidak memanfaatkan kondisi pademi ini. Mengingat mereka hampir setiap hari datang ke Renon hanya untuk mencari sembako

“Kami paham situasi sekarang,  semua serba susah. Tapi jangan cara seperti ini, penimbunan namanya,” tandanya.

SEKILAS MEDIA