Karang Taruna Bagikan Bantuan Sembako Bagi Pemulung Probolinggo Terdampak COVID-19 – SEKILAS MEDIA

Karang Taruna Bagikan Bantuan Sembako Bagi Pemulung Probolinggo Terdampak COVID-19

Karang Taruna Bagikan Bantuan Sembako Bagi Pemulung Probolinggo Terdampak COVID-19

 

Probolinggo, Sekilasmedia.com –
Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak wabah Corona Virus Disease (COVID-19), Karang Taruna Kabupaten Probolinggo membagikan bantuan sembako kepada para pemulung, Rabu (20/5/2020).

Bantuan sembako ini diberikan kepada 75 orang pemulung yang tersebar di Desa Mojolegi Kecamatan Gading, Desa Karangren, Desa Seboro dan Desa Rawan Kecamatan Krejengan serta semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Besuk.

Pembagian sembako yang dipimpin oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili ini dipusatkan di TPA Seboro Desa Seboro Kecamatan Krejengan dan Pendopo Kecamatan Besuk.

Di TPA Seboro, para pemulung yang datang langsung diberikan sembako. Pembagian terhadap 20 orang pemulung ini dihadiri oleh Camat Krejengan Ponirin dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Krejengan, Ahmad Ridhoi. Sementara di Kecamatan Besuk terdapat 55 orang penerima yang dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Besuk Junaidi dan Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Besuk Abdul Wahid.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengungkapkan pemberian bantuan sembako kepada para pemulung ini dimaksudkan untuk membantu para pemulung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih saat ini ada himbauan dari pemerintah agar selalu ada di rumah agar bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Setidaknya dengan adanya bantuan sembako ini, meskipun mereka tetap di rumah masih bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kami memilih pemulung karena takutnya mereka masih belum mendapatkan bantuan. Sebab mereka merupakan masyarakat terdampak dari wabah COVID-19,” katanya.

Menurut Yunita, kegiatan Karang Taruna Peduli dan Berbagi ini rutin dilakukan setiap tahun. Sebelumnya, kegiatan seperti ini dilakukan bersama dengan para anak jalanan dan abang becak.

“Harapan kami dengan kegiatan berbagi ini semoga dapat membantu meringankan beban para pemulung di tengah-tengah pandemi COVID-19. Semoga dapat bermanfaat untuk mereka dan sedikit membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” harapnya.

Sementara Abdullah, salah satu pemulung mengaku sangat bahagia karena menerima bantuan sembako dari Karang Taruna Kabupaten Probolinggo. Sebab dengan bantuan sembako ini, keluarganya sedikit terbantu di tengah-tengah mewabahnya COVID-19.

“Semoga wabah COVID-19 ini bisa cepat selesai sehingga kami bisa beraktifitas seperti sedia kala. Karena wabah COVID-19 ini sangat berdampak sekali, terutama dalam penghasilan sehari-hari. Kalau sebelumnya bisa memperoleh Rp 100 ribu sehari, saat ini kadang-kadang tidak dapat apa-apa,” katanya. (Rul)

SEKILAS MEDIA