Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 12 Juli 2020 - 03:38 WIB

Sebanyak 139 Orang PPDP Kecamatan Cerme Ikuti Rapid Test

 

Suasana rapid tes peserta PPDP pemilukada Gresik 2020 di pendopo Kecamatan Cerme.

Gresik, Sekilasmedia.com- Pelaksanaan rapid tes sebagai prasyarat pendaftaran PPDP pada pemilukada Gresik 2020 ini dilaksanakan serentak di seluruh PPK kecamatan wilayah Kabupaten Gresik selama 3 hari.

Tak terkecuali pelaksanaannya di PPK Kecamatan Cerme, bertempat di pendopo kecamatan Cerme pada Minggu pagi (12/7/2020). Tampak PPK Cerme  dan tiga orang petugas rapid dari Laboratorium Parahita Surabaya sudah melayani rapid tes kepada peserta PPDP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua PPK kecamatan Cerme Joko Sadmito Nugroho kepada Sekilas media.com mengatakan acuan diadakan kegiatan rapid tes bagi petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) kecamatan Cerme yakni Surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik tertanggal 9 Juli 2020, nomor :  239/PP.04.2-SD/3525/KPU-Kab/VII/2020 tentang pelaksanaan Rapid test PPDP. Yang menindaklanjuti surat KPU RI nomor : 540/PP.04.2-SD/01/KPU/VII/2020 perihal

perihal penegasan surat dinas KPU RI nomor 487/PP.04.2-SD/01/KPU/VII/2020 perihal pencabutan surat KPU RI nomor 485/PP.04.2-SD/01/KPU/VII/2020 dan arahan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam pemilihan serentak tahun 2020, bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan terkait dengan covid-19 berupa rapid

tes kepada PPDP dilakukan selama 3 hari mulai hari Jumat, Minggu dan Senin.

” Rapid test ini sebagai prasyarat pengesahan menjadi petugas PPDP. Di mana dalam pendaftaran dilampirkan hasil rapid tes tersebut. Sehingga harapannya, PPDP yang direkrut saat ini benar-benar sehat tidak terpapar covid-19,” tandasnya.

Ditambahkan Joko Sadmito Nugroho, pelaksanaan rapid tes kali ini diadakan oleh KPU Gresik yang bekerjasama dengan Laboratorium Parahita Surabaya. Adapun, jumlah peserta yang dirapid tes sebanyak 139 orang  petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Dan ada tambahan  dari kecamatan lain seperti, kecamatan Menganti 65 orang,  Driyorejo ada 38 orang, Wringinanom 1orang, dan Balonpanggang 1 orang, total 244 orang.

Kepada peserta PPDP yang telah melakukan rapid tes, agar tidak menunggu lama dan tidak terjadi pengumpulan massa, selanjutnya Ketua PPK Cerme mengumumkan  agar terkait hasil rapid tes bisa diambil secara kolektif di kantor PPK Cerme.

Pada kesempatan lain, mewakili Laboratorium Parahita Surabaya Wulan mengatakan  kegiatan rapid tes di kecamatan Cerme dilakukan untuk KPU Gresik dengan  targetnya hari ini 139 orang. Untuk pelaksanaannya  Laboratorium Parahita Surabaya didukung 3 orang personil dari laboratorium Parahita yakni 1 orang staf admin dan 2 orang tenaga kesehatan.

” Metode yang kami gunakan dalam rapid tes ini yaitu metode imuno serologi. Di mana pekerjaan pengampilan serum darah dari vena langsung masuk ke alat.  Dan hasilnya bisa muncul 2 sampai 3 jam kemudian,” tandas dia.

Sementara itu, salah satu peserta rapid tes sebut saja Husnul Hamidah  (30) PPDP asal desa Banjarsari yang telah  selesai tes rapid menuturkan bahwa pelaksanaan  kegiatan rapid test yang diadakan KPU Gresik di PPK kecamatan Cerme ini selain untuk melengkapi  pendaftaran juga kebaikan bersama.

” Ini sebagai salah satu cara menangani  covid dan saya sangat mendukung kegiatan ini. Semoga hasilnya baik,” ujarnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Rotasi Jabatan Bergulir, Kompol Kadek Oka Saputra Jabat Sebagai Waka Polres Gresik

Daerah

Sumpah Pemuda, Ngaji Sejarah Kemerdekaan: Ada Tokoh Pejuang Sakti Asal Bedanten Bungah

Daerah

Dua SIswi SMK di Denpasar Terlindas Truk, Kondisi Mengerikan Kepala Remuk
Mangkrak 20 Tahun, Fasum Sekardangan Indah Disulap Jadi Lapangan Olahraga

Daerah

Mangkrak 20 Tahun, Fasum Sekardangan Indah Disulap Jadi Lapangan Olahraga

Daerah

H.Tasirin SH MH Respek Kades Wanita Sukses Di Lamongan, Ada Artis Angely Emitasari, Sri Rahayu, Siti Mafula, Yuni A.

Daerah

BUPATI IKUTI LAUNCHING HARI JADI ke – 73 PROVINSI JATIM DIKANTOR GUBERNUR

Daerah

Bupati Mojokerto Imbau Distribusi Daging Qurban Tetap Prokes

Daerah

Empat Pekerja Taman di Kota Surabaya, Menemukan Sebuah Mortir